blank
Ganjar (kanan), memberikan apresiasi luar biasa atas capaian gelar juara umum cabor eksibisi Kick Boxing di PON XX/Papua. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengapresiasi atas capaian prestasi atlet Kick Boxing di pentas eksibisi PON XX/Papua. Gelar juara umum di cabor Kick Boxing ini, diharapkan dapat memberikan semangat bagi atlet-atlet yang lain, yang sedang bersiap bertarung di ajang empat tahunan ini.

Hal itu seperti yang disampaikan Ganjar, usai Upacara Kesiapan Pemberangkatan Atlet Jateng ke PON XX/Papua, di Kantor Gubernur, Senin (27/9/2021).

”Sebenarnya ini menjadi trigger buat yang lain. Bahwa mereka di eksibisi juga serius dan pulang membawa medali emas dan perunggu. Dan gelar juara umum itu membanggakan sekali. E-Sports juga mendapat perak, artinya akan memberikan semangat ke lainnya,” tutur gubernur.

BACA JUGA: Resmikan Yayasan Ar-Rois Cendekia, Menteri Agama Berharap Santri Bisa Menjawab Tantangan Zaman

Ganjar juga mengajak masyarakat Jateng untuk memberikan dukungan, meskipun tidak hadir langsung. Misalnya, melalui media sosial dan sebagainya.

”Mudah-mudahan masyarakat bisa memberi dukungan, bisa melalui medsos. Dan sorak sorai meskipun secara virtual, sehingga mereka merasa tidak sendiri, karena didukung masyarakat Jawa Tengah,” pesan dia

Seperti dikabarkan sebelumnya, prestasi membanggakan ditunjukkan para atlet Kick Boxing Jateng, dalam eksibisi PON XX/Papua, yang digelar di GOR Waringin, Kota Jayapura, Papua. Mereka berhasil menjadi juara umum, dengan meraih tiga medali emas dan dua medali perunggu.

BACA JUGA: Dibuka Seleksi Calon Dewan Pengawas Perumda BPR Bank Magelang

Selain persiapan yang matang, kesuksesan itu juga lantaran karena dukungan sejumlah pihak, termasuk dari Pemerintah Provinsi Jateng.

Sementara itu, salah satu pelatih Kick Boxing Jateng, Frans Henry Guntoro, menyebutkan, ini semua berkat dukungan dari Pemprov Jateng. ”Kalau tidak ada dukungan dari Pemprov dan KONI Jateng, KBI (Kick Boxing Indonesia) bukan apa-apa. Tahu sendiri di Papua serba mahal, untuk biayanya,” ujar Frans.

Menurutnya, dukungan Pemprov Jateng luar biasa. Bahkan atlet Kick Boxingnya bukan hanya berlomba di ajang Nasional saja, tapi juga di tingkat internasional.

BACA JUGA: Empat Atlet Purbalingga Dilepas Bupati Ikuti PON XX dan Peparnas XVI di Papua

”Tiga atlet kita tahun ini juga berangkat ke Italia, untuk kejuaraan Kick Boxing. Dukungan Pemprov dalam hal ini sangat luar biasa,” paparnya.

Terkait strategi dan persiapan yang dilakukan, Frans mengaku hanya membangun kekompakan tim untuk bersaing di PON Papua. Sebab, dari kekompakan itu akan menumbuhkan semangat para atlet.

”Strategi intinya membangun kekompakan dalam tim saja. Kalau kurang support kompaknya, saya rasa tidak menjamin menjadi atlet luar biasa di ajang PON ini. Dan saya sudah percaya, atlet di Jateng sangat mampu, karena sudah diseleksi,” imbuhnya.

Riyan