blank
Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr H Z Sukawi MA menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan pejabat baru. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr H Z Sukawi MA meminta pejabat struktural di kampus yang dipimpinya harus bisa mengembangkan budaya kerja yang transformatif, humanis dan Qurani sebagaimana yang menjadi visi utama perguruan tinggi berbasis pesantren tersebut.

“Tata kelola managemen Unsiq Jateng ke depan akan menggunakan pendekatan fungsional dan sistemik. Pejabat struktural musti cepat beradaptasi, berekspresi, berinovasi, beraktualisasi diri dan mengembangkan kreatifitas sesuai jabatan masing-masing,” katanya.

Hal itu disampaikan Z Sukawi, saat melantik 85 pejabat struktural di lingkungan Unsiq Jateng di Wonosobo, Sabtu (4/9), di Aula Al A’la Kampus I Unsiq di Kalibeber. Mereka merupakan Kepala Lembaga, Biro, UPT, Pusat, Bagian, Ketua dan Sekretaris Program Studi serta Kabag Tata Usaha Fakultas di Unsiq Jateng.

Hadir dalam pelantikan SOTK baru Unsiq tersebut, Ketua Yayasan YPIIQ Heru Irianto, Wakil Rektor I Dr KH Ngarifin Shidiq MPdI, Wakil Rektor II Dr H M Junaedi MH dan Wakil Rektor III Dr Ir Heri Hermanto MT, jajaran Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unsiq Jateng di Wonosobo.

Sedang pendekatan sistemik, sambung Rektor Unsiq, para pejabat yang baru dilantik diberi tugas secara independent yang bersifat kolektif kolegial berbasis kinerja. Selalu menjalin sinergitas dan kolaborasi antar pimpinan guna mencapai kenerja sesuai yang ditargetkan.

Uji Kompetensi

blank
Beberapa pejabat struktural yang baru saja dilantik foto bersama dengan jajaran Rektorat Unsiq Jateng di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Z Sukawi, sebelum dilantik semua pejabat baru di Unsiq Jateng telah mengikuti serangkaian proses penjaringan, penyaringan, fit and propert test dan uji kompetensi yang sesuai dengan kapasitas dan intregritas pada jabatan yang akan diembannya empat tahun ke depan.

“Pejabat yang menduduki jabatan tertentu di Unsiq Jateng sudah merupakan figur terbaik dan diharapkan bisa membawa perguruan tinggi yang punya missi memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan universitas modern, maju dan berkembang,” tegas Z Sukawi.

Seluruh civitas akademika di Unsiq Jateng, lanjut dia, baik pejabat fungsional maupun struktural harus bisa membangun kinerja yang runut, terstruktur, terukur dan berkualitas. Sehingga mampu membawa Unsiq Jateng mendunia dengan Al Quran, meningkatkan akreditasi institusi dan program studi dan mampun menciptakan kepercayaan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Heru Irianto, mengucapkan selamat dan sukses terhadap pejabat struktural yang baru dilantik di Unsiq Jateng di Wonosobo. Banyak sekali tugas yang musti diemban untuk menjalankan amanah yang diberikan oleh pengelola Unsiq Jateng, guna menuju ke perubahan yang lebih baik lagi.

“Rektor Unsiq Jateng telah mencanangkan empat tahun ke depan perguruan tinggi Islam ini harus bisa mencapai target 13 ribu mahasiswa dari kurang lebih 9 ribu mahasiswa yang ada saat ini. Semua akan bisa tercapai jika seluruh managemen Unsiq mau bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas,” ucapnya.

Muharno Zarka