Truk Kontainer B 9587 SP yang tertimpa pohon yang tumbang antara kabin dan boks kontainer, yang mengakibatkan kemacetan jalur Grobogan-Solo. Jum'at (13/8/2021). Foto : Absa

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah pohon tumbang yang menimpa truk kontainer nopol  B 9587 SP dan kabel Telekom, mengakibatkan jalur Grobogan-Solo macet total. Kemacetan panjang sejauh lebih kurang 2 kilometer tersebut, terjadi di sepanjang Desa Geyer, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Kami tadi dapat info dari warga ada pohon akasia tumbang, melalui telepon 45 menit yang lalu.  Ya kurang lebih sekitar 21.45 mas. Kami langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan upaya evakuasi. Namun saat dilakukan pemotongan, terjadi pergerakan pohon yang sangat mebahayakan. Maka kami hentikan,” jelas Wahyu Prionggo, staf BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Grobogan kepada awak media di lokasi pohon tumbang, Jum’at 22.30 (13/8/2021).

Untuk upaya selanjutnya, lanjut Wahyu, pihaknya akan meminjam alat pengangkut mobil crane dari dinas terkait, untuk mengangkat pohon tersebut.

“Karena pohonnya besar, kami akan meminjam alat pengangkut mobil crane. Untuk mengangkat pohon tersebut. Agar kemacetan segera terurai. Untuk kerugian material maupun kendala telekomunikasi, sampai saat ini belum ada laporan resmi. Jadi kami belum bisa menjawab,” lanjut Wahyu.

Wahyu Prionggo (bertopi hitam) memperhatikan tim pemotong pohon memperbaiki gergaji mesin di lokasi kejadian, Desa Geyer, Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan, Jumat malam (13/8/2021). Foto : Absa

Sudah Doyong Lama

Sedang Ipung, salah satu warga Desa Geyer menyampaikan, bahwa pohon yang tersebut sebenarnya sudah lama doyong ke jalan. Dan tiap kali ada truk muatan yang tinggi, selalu menyenggol pohon tersebut.

Dan puncaknya, diduga pohon tersebut tersenggol kontainer yang melintas, lalu menimpa kontainer tersebut, sehingga mengakibatkan macet. “Sudah lama mas, pohon itu doyong ke jalan. Dan tiap kali kesenggol truk-truk tinggi. Ya mungkin itu tadi  kecantol trus akhirnya jadi seperti itu,” ungkap Ipung.

Selain itu, imbuh Ipung, pohon tersebut tumbang sekitar jam 20.30an saat hujan dan listriknya mati. Sedang hujan di sekitar lokasi terjadi sekitar jam 19.00an.

Absa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here