blank
Dosen FKIP Unissula Raih Doktor UNJ Jakarta

SEMARANG – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung (FKIP Unissula) Muhamad Afandi SPd MPd raih gelar doktor dari Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) setelah mengikuti sidang terbuka doktoral, Jum’at (6/8/2021).

Sidang promosi doktor yang dilaksanakan secara online ini diuji oleh Prof Dr Dedi Purwana E S MBus (Direktur Program Pascasarjana UNJ), Sekretrasis Prof Dr Zulela MS MPd (Koorprodi S3 Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ), Penguji kunci dari Internal Prof Dr Moch Syarif Sumatri MPd (Wakil Direktur II Pascasarjana UNJ), dan Prof Dr Ir Arita Marini ME (Ketua PPG se UNJ). Selain itu hadir pula Prof Dr Nunuk Suryani MPd dari Kemendikbud RI sebagai penguji luar. Sementara Prof Dr Zulela MS MPd dan Prof Dr Ir Amos Nelaka MPd sebagai promotor.

Dari penelitian yang berjudul kinerja guru sekolah dasar ditinjau dari motivasi berprestasi, Wakil Dekan FKIP Unissula itu menemukan bahwa faktor utama yang memengaruhi kinerja guru didominasi faktor eksternal. “Faktor utama dalam menentukan kinerja guru lebih didominasi faktor eksternal, seperti beban kerja, perubahan kurikulum, keterbatasan fisik dan pikiran, kompetensi mengajar, kesejahteraan, lingkungan kerja, dan sarana prasarana dibanding faktor internal guru, terutama motivasi berprestasi”, jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa gelar doktor akan semakin banyak peluang untuk berkontribusi dalam tridarma peguruan tinggi. “Gelar doktor itu gelar akademik tertinggi dan sebagai bentuk pertanggungjawaban publik. Selain itu juga dapat meningkatkan jabatan fungsional akademik, dan bisa mengikuti berbagai hibah penelitian”, pungkasnya.

Turut menyaksikan pimpinan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, Rektor Drs Bedjo Santoso MT PhD, beserta Wakil Rektor I, II, dan III Unissula, seluruh Dekan Kaprodi, Sekprodi serta dosen di lingkungan Unissula, Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kota Semarang, Korsatpen Banyumanik dan Candisari, Korwas, Katua KKKS dan Kepala Sekolah Dasar di wilayah Bayumanik Semarang, para Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan dua SDN 2 Ngaliyan dan perwakilan dari Ormawa di lingkungan FKIP Unissula.