blank
Naik perahu nelayan, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyusuri pantai selatan di Kecamatan Ayah.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebelum mengecek kegiatan vaksinasi masal di kawasan pesisir Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mencoba menyusuri keindahan Pantai Selatan, Sabtu (7/8).

Apalagi Kabupaten Kebumen memang memiliki banyak potensi unggulan di sektor wisata. Khususnya keindahan alam pantai selatan. Bagi masyarakat luas mungkin tidak asing lagi dengan nama-nama pantai di Kebumen selatan . Bahkan banyak dari mereka sudah mengunjungi.

Alam laut Kebumen tidak hanya dinikmati di pinggir pantai saja. Namun untuk mendapatkan sensasi yang lebih menantang, pengunjung perlu mencoba melakukannya dengan susur pantai menggunakan perahu nelayan.

Wisata Susur Pantai

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pun mencoba menyusuri pantai merasakan sensasi tersebut. Susur pantai dimulai dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pedalen.

blank
Bupati Arif Sugiyanto dan rombongan naik perahu melewati perbukitan kapur dan pantai berkarang di Kecamatan Ayah.(Foto:SB/Ist)

Perahu-perahu nelayan yang terpakir di pinggir pantai bisa digunakan oleh wisatawan untuk melaut. Sekaligus merasakan keindahan pantai dengan menyusur air di tepian bukit kapur. Sangat indah dan menakjubkan. Tentu saja saat ombak normal dan tidak sedang pasang,

“Kalau mau coba susur pantai, ini indah banget. Kita bisa melihat pegunungan laut dari dekat. Batu karangnya besar-besar. Tumbuhannya menghijau, anginnya segar. Jadi wisata Kebumen ini tidak kalah dari daerah lain,” ujar Bupati yang mantan polisi itu.

Menurut Arif Sugiyanto, ke depan, potensi wisata laut di daerahnya perlu dikembangkan lebih maju. Misalnya, kapal susur pantai dibuat khusus untuk wisatawan yang lebih besar. Pelabuhan ditata kembali, agar tambah nyamanan dan aman bagi para pengunjung dan nelayan.

Wisata Kuliner Ikan Laut

“Di sini nanti kita bisa menikmati pemandangan sepanjang pegunungan laut, dari Pantai Pedalen, Karangagung, Pantai Menganti, Surumanis bisa sampai paling ujang Karangbolong. Jaraknya cukup jauh. Tapi asyik, kalau pas ombaknya tidak kencang,”terangnya.

Bupati optimistis, jika potensi ini dikembangkan, bisa menaikkan PAD dan bisa memberikan kesejahteraan masyarakatnya. Belum lagi nanti ditambah wisata kuliner. Perlu dibuka warung-warung makan seafood, menunya ikan-ikan segar-segar diambil langsung dari tangkapan nelayan,”tuturnya.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih memantau vaksinasi bagi nelayan di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.(Foto:SB/Ist)

Kedatangan Bupati di TPI Pedalen sebenarnya memantau pelaksanaan program vaksinasi bagi nelayan di Desa Argopeni. Pemerintah kembali mengadakan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat di wilayah selatan menyediakan 2.000 vaksin. Bupati bersyukur antusias masyarakat sangat tinggi.

“Alhamdulillah kedatangan kita ke sini juga dalam rangka program vaksinasi untuk masyarakat dan nelayan. Program ini memang terus kita gencarkan agar herd immunity lebih kuat. Nah ini kita lihat antusias masyarakat cukup tinggi,”tuturnya.

Vaksinasi di Kebumen sudah mencapai 22 persen dari keseluruhan jumlah masyarakatnya. Tentu Di ini masih kurang . Namun program vaksinasi di Kebumen cukup bagus penyerapannya. Nomor dua terbanyak di Jawa Tengah.

Acara vaksinasi dihadiri pula Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, anggota Komisi A DPRD Jateng sekaligus Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi yang kebetulan asal dari Kecamatan Ayah, serta Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan pejabat terkait.

Komper Wardopo