blank
Mango Sticky Rice. Foto: jabar.poskota

(SUARABARU.ID)- Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan makanan pokoknya yaitu nasi. Tak sedikit pula yang mengolahnya menjadi nasi goreng jawa, nasi goreng tomat dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana dengan olahan Mango Sticky Rice atau dikenal dengan Ketan Mangga? Pernah membayangkan rasa ketan dipadukan saus dan buah mangga dalam satu wadah?

Olahan ini memang terkenal di Thailand bahkan menjadi kuliner khas negara tersebut. Dari namanya saja, kita bisa melihat perpaduan antara nasi ketan dan potongan buah mangga. Penasaran dengan rasanya?

Seperti dilansir jabar.poskota, nama asli dari makanan ini sebenarnya adalah Khao Neeo Mamuang. Kalau di Indonesia terkenal dengan ketan susu, maka Thailand memiliki sandingannya yakni Mango Sticky Rice. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan bagaimana membuat ketan pulut durian. Hanya saja, buah durian bisa kita ganti menggunakan buah mangga.

Baca Juga: Resep: Chicken Cordon Bleu

Bahan

– 250 gram beras ketan putih
– 300 ml santan kental
– 2 gelas air
– 200 gram gula pasir
– ½ sendok teh garam
– 1 lembar daun pandan agar terasa harum.

Bahan Saus

– 120 ml santan kental
– 1 sendok makan gula putih
– ¼ sendok teh garam
– 1 sendok makan tepung tapioka
– 1 sendok makan wijen sangrai

Cara Membuat

1. Kukus terlebih dahulu beras ketan dengan air selama kurang lebih 15 menit. Pastikan bahwa air di panci kukusan telah menyusut.
2. Campurkan 300 ml santan, garam dan gula pasir ke dalam panci. Baru masukkan daun pandan yang Sudah Anda simpul dan rebus menggunakan api sedang sampai mendidih.
3. Masukkan nasi pada campuran santan dan aduk hingga merata.
4. Diamkan kurang lebih 30 menit kemudian kukus selama 20 menit hingga matang.

Cara Membuat Saus

1. Campurkan 120 ml santan dengan gula pasir.
2. Tambahkan tepung tapioka dan rebus hingga mendidih.
3. Jika telah selesai, sisihkan saus. Jika rasa saus kurang manis, bisa menambahkan gula pasir sesuai selera

Claudia