Para pelaku begal yang membacok anggota Polres Kudus. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Jajaran Polres Kudus akhirnya berhasil membekuk tiga orang pelaku pembegalan terhadap seorang anggota Satlantas Polres Kudus, pada Jumat (9/7) silam.

Tiga pelaku yang masih remaja tersebut diantaranya DH (20), MD (19) dan F (19) yang semuanya warga Kudus ditangkap petugas dari beberapa tempat berbeda.

Dalam gelar perkara yang digelar Senin (12/7), Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma menyebut tiga pelaku ini merupakan bagian dari kawanan begal yang totalnya berjumlah delapan orang.

Mereka selama ini beroperasi di berbagai wilayah di Kudus hingga Pati dan telah melakukan aksi sebanyak enam kali.

“Pengakuan tersangka, mereka sudah melakukan aksi selama enam kali. Dan yang terakhir, dengan korban anggota Polres Kudus,”ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, dalam kawanan ini melakukan aksinya dengan formasi pelaku berbeda-beda. Mereka beraksi dengan membawa senjata tajam dan selalu menenggak miras sebelum mengincar korban.

Korban yang diincar biasanya warga yang mengendarai sepeda motor sendirian di tengah malam. Pelaku mengincar HP milik korban dan tak segan melukai korban.

“Untuk aksi terakhir, pelaku juga merampas motor dan HP milik korban,”tandasnya.

Para pelaku akan dijerat dengan pasal 366 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun. Selain para tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa beberapa bilah senjata tajam, HP serta motor yang digunakan pelaku untuk beraksi.

“Untuk pelaku lain identitasnya sudah kami kantongi dan sekarang sedang dalam pengejaran,’tandas Kapolres.

Sementara, DH salah seorang pelaku yang membacok anggota Polres mengaku tak tahu korbannya anggota polisi.

“Nggak tahu kalau itu anggota polisi,”ungkapnya.

Menurutnya, uang hasil aksinya biasanya digunakan untuk bersenang-senang dan pesta miras.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, seorang anggota Satlantas Polres Kudus menjadi korban kawanan begal yang beraksi Jumat (9/7) dini hari.

Korban sempat terkena sabetan senjata tajam hingga mengalami luka di bagian punggung dan tangan. Motor dan handphone korban dibawa kabur pelaku.

Tm-Ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here