SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) mengadakan pelatihan sistem mikrokontroler dan robotika dasar bagi guru SMK bertempat di SMK 3 Semarang (8/3). Pelatihan dihelat dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

Bustanul Arifin ST MT dan Munaf Ismail ST MT dosen pelaksana kegiatan yang sekaligus pembimbing tim robotik Unissula, menyampaikan bahwa materi yang diberikan berupa dasar pengetahuan sistem mikrokontroler, jenis mikrokontroler dan boardnya, pemrograman dan aplikasinya, serta teknik pemrograman robot.

“Mikrokontroler adalah perangkat elektronik yang bekerja sebagai otak dan chip untuk mengeksekusi program. Tidak hanya mempelajari software atau simulator, modul hardware mikrokontroler dan beberapa robot juga menjadi salah satu materi pelatihan”, ungkap Bustanul.

Pelatihan dilaksanakan ini juga melibatkan para mahasiswa anggota tim robotik. Mayoritas peserta adalah guru dari SMKN 3, ditambah guru dari SMK Tlogosari dan SMK Sepuluh November. Pada hari ketiga, peserta pelatihan melakukan kunjungan ke laboratorium robotik Teknik Elektro Unissula. Dalam kunjungan tersebut guru-guru tampak antusias berdiskusi dengan tim robotik yang selama ini telah memperoleh berbagai prestasi tingkat nasional maupun internasional diantaranya juara umum kompetisi robotik di Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here