blank
Halal bihalal alumni SMA Negeri 5 Semarang dengan protokol kesehatan. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Banyak alumni SMAN 5 Kota Semarang yang kini menjadi profesional di bidang masing-masing, mulai dari pemerintahan hingga swasta.

Mereka diminta untuk berkumpul dan membentuk satu satu wadah alumni SMAN 5 Semarang dengan tujuan ikut serta secara riil membantu pengembangan pendidikan.

Alumni SMAN 5 Kota Semarang angkatan 1992 yang juga menjabat sebagai anggota Komisi E DPRD Jateng, Yudi Indras Wiendarto mengatakan saat ini dunia pendidikan menghadapi tantangan yang begitu berat.

Pada masa pandemi ini, dunia pendidikan mesti berinovasi. Harus ada terobosan dan kreativitas agar pendidikan yang diberikan oleh sekolah tetap bisa optimal diterima oleh siswa.

“Pendidikan tatap muka sekarang ini tak bisa seperti sebelum pandemi. Sekolah mesti berinovasi. Nah, kita sebagai alumni mesti memberikan dorongan. Sayangnya sampai saat ini belum ada wadahnya,” kata Yudi Indras pada acara Halal Bihalal dan Silaturahmi alumni SMAN 5 di Hotel Patra Jasa, Minggu (13/6/2021).

Cukup banyak alumni lintas angkatan yang hadir secara langsung di acara tersebut. Selain itu, juga hadir kepala Sekolah SMAN 5 saat ini, Siswanto dan kepala sekolah tahun 1984, Muhammad Said.

Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, yang didahului dengan swab di lokasi kegiatan. Yudi Indras menyampaikan di masa pandemi ini, tak hanya sektor kesehatan dan ekonomi saja yang terdampak.

Namun semua sektor, termasuk bidang pendidikan. Celakanya, persoalan ekonomi juga sangat mempengaruhi sektor pendidikan. Ia mencontohkan, ada keluarga yang juga kesulitan untuk memenuhi kuota dalam kegiatan belajar mengajar anak.

Sementara sekolah juga dipusingkan dengan menjaga kesehatan agar Covid 19 tak menyebar di lingkungan sekolah. “Lalu siapa yang akan memikirkan kemajuan pendidikannya? Nah, saat ini sumbangsih alumni sangat diperlukan,” tandasnya.

Ia menekankan pentingnya dibentuk wadah alumni SMAN 5 Semarang. Dengan wadah ikatan alumni itu maka para alumni dari semua tingkatan akan bisa bersama-sama membuat program dan menjalankannya.

Tujuannya adalah memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan. Bukan hanya untuk almamater saja, namun bisa untuk kemajuan pendidikan di Jateng secara menyeluruh.

Apalagi posisinya sebagai anggota Komisi E DPRD Jateng yang membidangi pendidikan di Jateng, maka butuh sumbangsih pemikiran agar dunia pendidikan di Jateng bisa lebih maju dan berkembang.

Hal yang sama juga ditekankan oleh alumni lainya, Yohana. Lantaran banyak program yang sudah diwacanakan, namun juga tak terlaksana. ia berharap wadah alumni ini bisa dibentuk sesegera mungkin.

Sementara itu Kepala SMAN 5 Semarang, Siswanto mengatakan untuk pengembangan pendidikan jelas sekolah tak akan bisa berjalan sendiri.

Perlu peran orang tua hingga para alumni. Di masa pandemi ini, katanya, alumni juga telah memberikan bantuan bagi sekolah berupa sembako hingga kuota internet. “Ke depan kami terus mengharapkan kolaborasi antara sekolah dengan alumni,” kata Siswanto.

Hery Priyono