blank
Para tahanan Polres Kebumen menjalani rapid test antigen pada Jumat 28/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –  Seluruh tahanan di rumah tahanan (Rutan) Polres Kebumen Jumat (28/5) dilakukan swab rapid test antigen.

Petugas dari Urusan Kesehatan Polres Kebumeng dipimpin oleh Aiptu H Agus Sunani selaku Paurkes Polres Kebumen melakukan swab sejak pagi.  Mereka melakukan rapid test antigen kepada 35 tahanan. Dengan rincian28 tahanan Polres dan 7 tahanan titipan Kejaksaan Negeri.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, semua tahanan yang mengikuti swab hasilnya negatif. “Hasil swab bisa langsung keluar. Semua hasilnya negatif,”jelas Iptu Tugiman.

Swab kepada tahanan merupakan program rutin Polres Kebumen yang dilakukan secara berkala untuk memastikan seluruh tahanan penghuni Rutan Polres Kebumen sehat dari  Covid-19.

Jika menemukan ada tahanan yang positif Covid-19 dari hasil swab tersebut, Polres Kebumen menyiapkan kamar khusus agar tidak menular kepada penghuni lainnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini tahanan di Polres Kebumen belum diizinkan untuk dibesuk oleh anggota keluarga karena Pandemi Covid-19.

Jika keluarga akan mengirim barang atau makanan bisa dititipkan kepada petugas jaga yang sedang bertugas.Barang tersebut nantinya akan diperiksa petugas sebelum disampaikan kepada para tahanan.

blank
31 Personel Polsek Rayon Timur menjalani rapid test antigen di Polsek Prembun.(Foto:SB/Ist)

Tiga Polsek  Rapid Test Antigen

Sementara itu petugas Urkes Polres Kebumen melanjutkan melakulan rapid test bagi personel  tiga Polsek  Rayon wilayah timur.  Seluruh Personel wajib membawa hand sanitizier. Total  31 personel mengikuti swab yang digelar di Mapolsek Prembun dan hasilnya negatif semua.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman menyatakan, Polres melakukan swab berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan personel Polres Kebumen serta upaya dini memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Yang mengikuti swab seluruh personel Polsek Prembun, Polsek Mirit dan personel Polsek Bonorowo. Semua mengikuti swab, hasilnya negatif,” jelas Iptu Tugiman.

Menurut Iptu Tugiman, swab penting dilakukan untuk memastikan personel Polri sehat sehingga dapat melayani masyarakat dengan maksimal.

Tugas kepolisian setiap saat bersentuhan langsung dengan masyarakat,  maka harus benar-benar sehat. Jangan sampai personel Polri menjadi “carrier” atau pembawa virus yang menularkan kepada masyarakat.

Meski hasilnya telah keluar dan negatif, Prokes 5M menjadi hal pokok di lingkungan Polres Kebumen. Setiap pagi, petugas jaga akan keliling mengecek stok handsanitizier ataupun tempat cuci tangan apakah stok sabun masih mencukupi.

Selanjutnya, di ruang pelayanan publik tempat duduk dibuat berjarak. Pada pagi hari, Propam akan mengecek personel  mengenai kelengkapan hand sanitizier yang wajib dimiliki oleh tiap-tiap personel.

Pada jam dinas, selanjutnya Propam juga keliling mengecek ruang-ruang staf mengingatkan personel untuk tidak bergerombol.

Komper Wardopo-mul