blank
Sat Polairud Polres Kebumen bersama nelayan di Pantai Argopeni Ayah.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ombak besar menghantam perahu nelayan hingga terbalik. Namun dua nelayan kakak beradik, Lasimun (50) dan Lasiman (46), warga Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen, selamat berkat memakai rompi pelampung.

Jiwanya masih bisa tertolong oleh nelayan lain, meski perahu nelayan yang dinaiki terbalik saat ombak besar menerjang di sekitar border perbatasan perairan Ayah Kebumen-Cilacap, Selasa (18/5) malam, sekitar pukul 19.30.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasat Polairud Polres Kebumen AKP Hari Harjanto SH MH mengungkapkan, kedua nelayan itu diselamatkan oleh rekan sesama nelayan saat melintas di lokasi terbaliknya perahu korban.

blank
Polisi dan Tagana menjaga nelayan Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen, setelah diterjang ombak dan menjalani perawatan di Puskesmas setempat.(Foto:SB/Ist)

Nelayan yang menolong kedua korban langsung mengevakuasi dan selanjutnya membawa ke Puskesmas Ayah untuk mendapatkan pertolongan medis malam itu juga.

“Kita sampai juweh mengingatkan agar para nelayan untuk selalu mengenakan life jacket atau rompi pelampung. Ini hasilnya. Alhamdulillah keduanya bisa diselamatkan,”jelas AKP Hari Harjanto,  Rabu (19/5).

Menurut AKP  Hari Harjanto, meski gerah saat mengenakan life jacket, hal tersebut harus dipaksakan demi  alasan keselamatan. Setiap kita patroli, petugas Sat Polairud sering cerewet mengingatkan life jacket. Tujuannya untuk keselamatan nelayan itu sendiri.

Dia jelaskan, tak sedikit Sat Polairud Polres Kebumen memberikan bantuan life jacket dan life buoy kepada para nelayan agar mereka selalu memakainya saat pergi melaut. Mengingat ombak pantai elayan sangat besar.

“Kita membagikan rompi pelampung berkualitas bagus. Kita membagikan kepada para nelayan. Itu bantuan dari Polres,”ujar AKP Hari Harjanto.

Kepada para pengelola wisata air di Kebumen, Sat Polairud juga mewanti-wanti agar para wisatawan dibekali life jacket atau rompi pelampung dan memakainya saat menaiki perahu wisata.

Apalagi di Kebumen ada wisata air yang menyediakan jasa perahu bagi pengunjung atau wisatawan. Seperti Waduk Wadaslitang, Waduk Sempor, muara Kali Bodo Ayah dan Pantai Logending serta objek wisata telaga Jembangan Wisata Air, Poncowarno.

Komper Wardopo