blank
Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna saat melakukan pantauan di Pos Pam Terpadu Kabupaten Pemalang. Foto: Dok/ist

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Hingga H-2 Lebaran, sebanyak 107.568 pemudik sudah memasuki Jawa Tengah (Jateng). Setelah mereka mengikuti tes Swab Antigen hasilnya negatif.

Demikian disampaikan Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna usai melakukan pengecekan di Pos Pangamanan (Pam) Terpadu di Kabupaten Pemalang, Selasa (11/5/2021).

Dalam pengecekkan tersebut, Iskandar didampingi Kapolres Pemalang dan Kasat Lantas Polres Pemalang bersama jajaran Humas Polda Jateng.

“Hari ini kita memantau pos pam yang ada di 14 titik Jawa tengah. Kita juga meninjau Pos Pam Terpadu di Kabupaten Pemalang yang berada di dua titik,” jelasnya.

Iskandar menyampaikan bahwa sudah banyak pemudik yang masuk Jawa Tengah sebelum adanya penyekatan.

“Pemudik ini sudah masuk Jateng sebelum kita lakukan penyekatan pada Operasi Ketupat Candi 2021 ini. Namun setelah kita lakukan operasi ini, jumlah pemudik yang masuk Jawa Tengah sangat berkurang dibandingkan tahun lalu,” terangnya.

Menurut Iskandar, jumlah pemudik yang sudah memasuki Jawa tengah dengan melakukan Tes Swab Antigen berjumlah 107.568 orang dan mereka dinyatakan negatif.

Sedangkan pemudik yang dinyatakan positif, ada 1 orang. Hal tersebut berdasarkan data pemudik yang masuk ke Jateng dari data PPKM Mikro.

“Satu orang yang hasilnya positif langsung melakukan karantina. Jadi saat ini masuk Jateng harus melakukan Tes Swab Antigen bagi pemudik, dan ini gratis,” ucapnya.

Sementara itu untuk pemudik yang sudah masuk ke Jawa Tengah sebelum penyekatan, pihaknya menghimbau agar segera melakukan Tes Swab Antigen di daerahnya masing masing.

“Saya minta pemudik yang kemarin masuk Jateng sebelum penyekatan untuk melakukan Tes Swab Antigen secara gratis. Dan jika positif harus melakukan karantina mandiri,” pungkasnya.

Ning