blank
Umi Kulsum dan para guru yang menerima buku Cinta Namira.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada cara menarik yang dilakukan oleh Umi Kulsum M.Pd. Di akhir  pengabdiannya sebagai seorang Aparatur Sipil Negara ia masih saja berusaha untuk menebarkan budaya menulis dikalangan siswa dan guru.

Umi Kulsum memberikan buku puisi karyanya berjudul Cinta Namira kepada sejumlah  anak dan guru yang berprestasi. Buku ini berisi 51 puisi karya Umi Kulsum yang  diterbitkan oleh Arindri Hijrah  Karanganyar.

blank
Buku Cinta Namira, berisi 51 puisi Umi Kulsum.

Umi Kulsum sendiri akan memasuki purna tugas pada awal bulan Mei 2021  setelah lebih 40 tahun 5 bulan  mengabdikan diri sebagai seorang guru. Ia terakhir mendapatkan tugas sebagai Koordinator Satkordik Kecamatan Mlonggo dan sekaligus seoranng Pengawas. Di tengah-tengah  kesibukannya,  ia juga aktif dalam gerakaan literasi di Jepara.

blank
Umi Kulsum dan anak-anak yang memiliki talenta di Satkordik Mlonggo

Penyerahan buku  itu dilakukan oleh Umi Kulsum di tengah acara Gebyar Seni  Siswa Sekolah Dasar. Acara  yang dilakukan secara  terbatas di Aula Satkordik Kecamaatan   Mlonggo itu dalam rangka  memperingati Hari Jadi kota Jepara yang ke 472 tahun  dan  menyongsong Hari Kartini Tahun 2021.

blank
Seorang siswa sedang mementaskan pantomim.

Pada acara  ini ditampilkan juga   seni tari, baca puisi, pantomin, menyanyi dan bercerita oleh para siswa bertalenta dilingkungan Satkordikcam Mlonggo. Sebab acara ini juga dimaksudkan juga untuk memberikan apresiasi, dan memperkuat semangat  siswa dan para guru pembina   yang telah berhasil menorehkan prestasi terbaik ditingkat Kecamatan Mlonggo untuk terus berprestasi.

blank

Harapan  Umi Kulsum,   kelak mereka akan   lebih bersemangat berlatih dan berkreasi hingga dapat membawa nama baik Kecamatan  Mlonggo dah bahkan   Kabupaten  Jepara. “Seperti ananda Zia Husniatun Nisa, siswa kelas 4 SDN 1 Srobyong,” ujarnya.

Zia   telah berhasil meraih  juara I  lomba Bercerita Daerah  yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Daerah Jepara.  Kini Zia  akan  maju  ke tingkat Proipinsi  Jateng  tgl 2 Juni 2021.

blank

Siswa seperti  Zia,  dan  juga siswa dan guru kreatif lainnya haruslah diberi ruang yang luas untuk terus berlatih dan  mengembangkan potensi dirinya  sehingga kecakapan yang dimikinya semakin berkembang.

blank

Menurut Umi Kuulsum penyerahan  buku kumpulan puisi berjudul “Cinta Namira” ini diharapkan dapat memotivasi  guru dan murid  di Kecamatan Mlonggo tergerak hatinya untuk menjadi menulis. Juga membaca.

blank

Dari 315 guru  SD di Kecamatan Mlonggo baru sekitar 3 % yang sudah menulis di media online maupun cetak. Karena itu sebagai Pengawas Sekolah yang juga Koordinator Satkordik Kecamatan Mlonggo  ia berusaha  menebarkan virus menulis.

blank

“Saya mengajak teman – teman untuk  senantiasa  mencintai kegiatan membaca dan menulis. Itu salah satu keteladanan utama RA Kartini yang harus terus kita hidupkan unttuk mengembangkan potensi diri agar mampu menjawab tantangan jaman,” ujar Umi Kulsum.

Hadepe – UK

blank