blank
Sterilisasi gereja sebelum ibadah melibatkan anjing pelacak dari unit K-9 Polres Grobogan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kabid Propam Polda Jateng, Kombes Pol Mukiya bersama anggotanya mendatangi Kabupaten Grobogan mengecek kesiapan pengamanan Paskah 2021.

Didampingi Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan dan Wakapolres Kompol Samsu Wirman, Kombes Mukiya mengecek ruang SPKT tahanan Mako Polres Grobogan, serta dua gereja di kota Purwodadi yaitu GKJ Purwodadi dan Gereja Katolik Hati Yesus Maha Kudus, Minggu (4/4/2021).

Terkait pengamanan Paskah, Kombes Pol Mukiyo melakukan pengecekan posko pengamanan di gereja-gereja. Menurutnya, posko yang ada berisikan personel-personel yang siap melaksanakan pengamanan.

Pihaknya meminta agar anggota meningkatkan keamanan dan kewaspadaan anggota dalam melaksanakan pengamanan gereja.

blank
Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan saat mengecek sebuah gereja sebelum pelaksanaan ibadah Jumat Agung beberapa waktu lalu. Foto : hana eswe.

Baca juga Kabid Propam Polda Jateng Cek Polres Grobogan: ‘Jangan Lengah Saat Piket Jaga Tahanan’

“Selalu cek anggota yang melaksanakan pengamanan agar selalu siap siaga serta bisa memberi pelayanan yang maksimal dalam pelaksanaan tugasnya,” jelas Kombes Pol Mukiyo.

Pihaknya juga meminta agar personel melaksanakan sterilisasi sebelum pelaksanaan ibadah Paskah di gereja-gereja. Selain itu, anggota juga diminta untuk lakukan koordinasi yang baik dengan penyelenggara ibadah Paskah, yakni pihak gereja setempat.

“Laksanakan pengamanan dengan penuh tanggung jawab, disiplin dan iklas sebagai wujud pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat,” kata Kombes Mukiya.

Dia menekankan perlunya sterilisasi tempat sebelum kegiatan ibadah dimulai untuk mengantisipasi adanya gangguan dari kelompok radikal.

“Tingkatkan koordinasi dengan pihak penyelenggara agar selalu melaksanakan ibadah atau perayaan paskah sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Hana Eswe