blank
Peta Mikro Zonasi Covid-19 Skala Desa Kabupaten Kebumen per 21/3.(Sumber:Dinkes Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Meski vaksinasi sudah berjalan, masyarakat tetap harus taat protokol kesehatan. Sebab kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebumen yang meninggal dunia hingga saat ini total mencapai 289 orang.

Secara keseluruhan hingga saat ini kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat 6.850 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut, dirawat 30 orang, isolasi 79 orang, meninggal 289 orang dan sembuh 6.512 orang.

Data tersebut diungkapkan Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen sekaligus Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto, dalam rilis harian Minggu (28/3).

Menurut Cokro Aminoto, pada Sabtu (27/3) ada penambahan kasus terkonfirmasi  positif Covid-19 di Kebumen 15 orang, terkonfirmasi sembuh 10 orang.

Kasus Suspek tercatat 63 orang. Dari sejumlah kasus suspek tersebut, dirawat 32 orang, dirujuk 1 orang, menjalani isolasi 30 orang.

Untuk Kasus Probabel, hingga saat ini tercatat 169 orang. Dari sejumlah kasus tersebut, menjalani perawatan 8 orang, menjalani isolasi 4 orang, meninggal dunia 157 orang.

Menyinggung Peta Zonas Risiko Covid-19, dari update data 27-03-2021 Kabupaten Kebumen berdasarkan 14 indikator epidemiologi BNPB masuk ke dalam Zona Oranye.

Adapun desa dengan Zona Merah meliputi Desa Sidodadi Kecamatan Puring, Selotumpeng  Kecamatan Mirit, Tlogowulung Kecamatan Alian, Pujotirto Kecamatan Karangsambung, Banjarsari    Kecamatan Gombong dan Desa Setrojenar Kecamatan Buluspesantren.

Yang menggembirakan, ada tiga kecamatan di Kebumen saat ini masuk Zona Hijau. Yaitu Kecamatan Sadang, Klirong dan Buayan. Tiga kecamatan masuk Zona Kuning, yaitu Kecamatan Prembun, Gombong dan Bonorowo.  20 kecamatan lainnya di Kebumen saat ini masih Zona Oranye.

Komper Wardopo