blank
Bimbingan teknis SIKUMISKU di Jepara

JEPARA (SUARAABARU.ID) -Pemerintah Kabupaten Jepara berkomitmen tetap akan memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara daring meskipun suatu saat pandemi korona berakhir. Pelayanan daring ini tetap berlanjut karena banyak manfaat yang diperoleh masyarakat. Pelayanan menjadi lebih mudah, cepat dan murah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, saat membuka Bimbingan Teknis Sikumisku, di Gedung Shima, Senin, 22 Maret 2021.  Disdukcapil Kabupaten Jepara menggelar bintek Sikumisku selama 3 hari, yaitu tanggal 22, 24 dan 29 Maret 2021. Bintek 3 tahap ini diikuti 195 desa dan kelurahan serta utusan kecamatan.

blank
Peserta bimbingan teknis SIKUMISKU Disdukcapil Jepara

“Layanan Adminduk daring semula digunakan untuk membatasi kontak langsung petugas dengan masyarakat untuk memutus mata rantai penularan virus covid 19. Namun dari evaluasi kami, pelayanan daring justru sangat efektif. Terbukti, semakin banyak masyarakat yang memperoleh manfaat dari pelayanan ini. Tidak ada alasan untuk menghentikan layanan daring,” kata Edy Sujatmiko

Lebih lanjut, Edy meminta agar masyarakat menggunakan pelayanan ini secara maksimal. “HP jangan hanya digunakan untuk medsosan, tetapi gunakan juga untuk mengurus Adminduk, ” kata Edy.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara menjelaskan bahwa aplikasi SiKumisku sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2019. Hanya saja aplikasi tersebut tidak berlanjut sejak terbitnya Permendagri Nomor 109 Tahun 2019. “Sikumisku yang sekarang hasil penyempurnaan aplikasi yang lama, sesuai regulasi tersebut” kata Alim.

Ditambahkan, aplikasi ini merupakan embrio KIOS Layanan Adminduk Desa yang akan dikembangkan di setiap desa di seluruh Indonesia. KIOS Layanan Adminduk Desa merupakan amanah Kemendagri untuk mendekatkan pelayanan sampai tingkat desa. Ia berharap dukungan pemerintah desa, baik berupa SDM maupun infrastruktur lainnya.

Hadepe