blank

SEMARANG(SUARABARU.ID) – Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) berhasil menjadi juara favorit pada ajang perlombaan Tari Tradisional yang diselenggarakan Hima PGSD Universitas Muhammadiyah Sukabumi pada 15 Maret 2021. PGSD UNISSULA mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 4 mahasisiwi PGSD UNISSULA semester 2.

Tim Tari PGSD UNISSULA menampilkan tari Lenggang Padusi Gurau dari Sumatera Barat. Konsep latihan yang dijalani selama 4 hari, pada tanggal 9 & 10 Maret 2021 latihan mandiri dari rumah masing-masing, lalu tanggal 10 & 11 Maret mulai latihan di kampus bersama pelatih dan didampingi dosen pendamping. Latihan hanya dilakukan 4 hari.

Take video dilakukan di area kampus UNISSULA. Koreografi Irhami Putri dan Fiky Herdianto mengaku mencarikan Gerakan yang mudah dihafal, karena mengingat waktu Latihan yang sangat singkat dan alhamdulilah mahasiswa sangat sportif.

Dari segala proses latihan yang dijalani hingga take video tak lepas dari kendala. Menurut tim penari Belinda Kusumawardhani, Intan Annisak, Adilatul Wafa dan Novi Setyoningsih kendala yang ditemui yaitu musik yang digunakan saat latihan berbeda dengan musik yang digunakan saat take video karena ada kesalahan teknis jadi penari harus menyesuaikan lagi, namun itu tidak menjadi hambatan besar.

Latihan music dilakukan hanya 4 jam untuk mencari pola  mengiringi tim penari, tutur Hana. Tim music selain Hana terdiri dari Nailul Hana, Nayla Nur Niswatun, Agung Yudi, Zyechaan Achmed dan M.Nur Salim. Mereka  dibimbing oleh dosen Nuhyal Ulia, M.Pd dan Dr. Rida Fironika Kusumadewi, M.Pd.

Kepala Program studi PGSD UNISSULA sekaligus menjadi dosen pembimbing Dr. Rida Fironika kusumadewi, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa mahasiswa mampu bersaing ditingkat nasional, terbukti bahwa dengan Latihan yang sangat singkat mereka mampu mendapatkan juara favorit dari beberapa peserta yang mengikuti.

Kami selalu mendukung apapun yang dilakukan oleh mahasiswa mengasah minat dan bakat mahasiswa melalui ajang-ajang perlombaan tingkat nasional untuk menorehkan prestasi akademik” Tutur Rida.

Kompetisi ini diikuti oleh beberapa universitas diantarannya, Universitas Ngudi Waluyo, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Universitas Muhamadiyah Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Muhamadiyah Sukabumi, Universitas Djuanda Bogor dan lain-Lain.