blank
KSOP Kelas I Pelabuhan Tanjung Emas, dan Distrik Navigasi Kelas II Semarang sebelum melakukan kegiatan padat karya. Foto: Dok/ ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – KSOP Kelas I Pelabuhan Tanjung Emas dan Distrik Navigasi (Disnav) Kelas II Semarang menggelar kegiatan Program Padat Karya.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tanjung Emas tersebut dipimpin langsung oleh Plt. KSOP Pelabuhan Tanjung Emas, Dian Lesmana.

Selain dihadiri Plt. KSOP Tanjung Emas Semarang, dalam kegiatan juga dihadiri perwakilan Pelindo Daya Sejahtera seksi operasional, perwakilan Distrik Navigasi Kelas II Semarang, dan tim pengawas dari rumah aspirasi, M.herviano yang merupakan anggota DPR RI Komisi V.

Pada kesempatan tersebut, Plt. KSOP Tanjung Emas, Dian Lesmana memberikan pengarahan terkait program padat karya.

“Sasaran kegiatan KSOP meliputi pemeliharaan gedung dan bangunan, berupa pengecetan gudang KPLP dan pembersihan lingkungan Kantor KSOP Kelas I Pelabuhan Tanjung Emas,” ungkap Dian, Kamis (11/3/2021).

Dijelaskan, program padat karya adalah merupakan program pemerintah melalui PP No.96 Tahun 2015 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan yang bersumber dari dana APBN.

“Kegiatan ini akan diproyeksikan pada pemeliharaan gedung dan bangunan berupa pengecetan dan pembersihan.
Semoga program kegiatan padat karya ini dapat meningkatkan dan menggerakkan perekonomian masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19 maupun cuaca buruk,” tukasnya.

Hardianto, selaku GM Pelindo III Regional Jateng mengaku mendukung program-program yang disampaikan KSOP.

“Kami mendukung program-program yang disampaikan oleh KSOP. Adanya kegiatan program ini, karena selama 1 tahun kita terdampak covid-19 dan banyak masyarakat kita yang kurang beruntung,” tuturnya.

Menurutnya, program ini sangat bagus dan bisa berlanjut. Kedepan diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Sony, selaku Kasi Operasional Distrik Navigasi Kelas II Semarang menyatakan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan padat karya, menindaklanjuti dari Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka pemberdayaan perekonomian masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Sasaran kegiatan untuk Disnav Kelas II Semarang sendiri meliputi pemeliharan gedung dan bangunan berupa pengecatan dan pembersihan halaman SROP Tambak Aji.

“Kegiatan ini sebagai bukti nyata Pemerintah melalui Direktorat Perhubungan Laut peduli terhadap perekonomian masyarakat,” ujarnya.

“Semoga program ini dapat bermaanfaat bagi masyarakat akibat dampak pandemi Covid 19. Dan acara ini menjadi contoh agar diikuti stakholder lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan simbolis alat kerja yang dilanjutkan pelaksanaan kegiatan padat karya KSOP Kelas I Pelabuhan Tanjung Emas, dan Distrik Navigasi Kelas II Semarang.

Ning