blank
Ketua PWI Jateng Amir Machmud menyerahkan Pataka PWI kepada Ketua PWI Pemalang M Ali Basarah. Foto: wied

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Bupati Pemalang, Mukti agung Wibowo mengingatkan kepada kepengurusan baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pemalang, untuk selalu mengedepankan profesionalisme dalam kerja-kerja jurnalistik.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, dihadiri jajaran Forkompimda Pemalang, serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pemalang Nugroho.

Agus Mukti Wibowo menyatakan hal itu ketika memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus PWI Kabpaten Pemalang, Selasa (9/3/2021).

Agung mengatakan, kekebasan pers yang selama ini dijamin konstitusi, bagi para wartawan jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi ataupun golongan. “Namun sebaliknya hal ini bisa di dimanfaatkan agar insan pers dapat menjadi pelopor dalam memberikan informasi khususnya di kabupaten Pemalang,” ujarnya.

Agung berharap kehadiran PWI dapat bersinergi mewujudkan visi misi Pemalang yang ‘Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni’.

blank
Para pengurus yang dilantik. Foto; wied

Bukan Makhluk Tak Tersentuh

Sedangkan Ketua PWI Jateng Amir Macmud dalam sambutannya mengatakan, PWI senantiasa menyiapkan anggotanya untuk menjadi wartawan professional. “Profesional dalam artian memiliki skill yang baik sekaligus dilengkapi standar etis kewartawanan,” kata Amir Machmud.

Pelantikan yang sebelumnya juga diawali dengan orientasi bagi wartawan di Pemalang ini, merupakan upaya untuk memartabatkan profesi kewartawanan.

blank
pelantikan dihadiri Bupati dan jajaran Forkompimda Kabupaten Pemalang. Foto: wied

“Orientasi adalah bagian dari penyiapan profesionalitas wartawan anggota PWI. Mereka dikenalkan pada ketentuan-ketentuan organisasi yang terkandung pada PD-PRT PWI, dan pengetahuan tentang UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode etik Jurnalistik, dan ketentuan-ketentuan serta pedoman dalam pemberitaan,” tambah Amir.

Dia juga mengingatkan agar wartawan tidak pernah merasa jumawa, merasa sebagai makhluk yang tak tersentuh. “Kita harus menunjukkan tanggung jawab social sebagai hal terbaik saat menjalankan profesi,” tandasnya.

Dikatakan, PWI tidak main-main dengan profesionalisme. “Maka PWI mengadakan orientasi kewartawanan dan Uji Kompetensi wartawan untuk selalu mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya,” kata Amir.

Adapun pengurus yang dilantik adalah Saiful Bahri dan Probo Wirasto (Penasihat), M Ali Basarah (Ketua), Agus Pratikto (sekretaris), Moh Hasanuddin (Bendahara), dan beberapa personel ain dalam seks-seksi.Widiyartono R.