blank
Suasana diskusi virtual yang dipandu Myra Azzahra ini, menampilkan tiga pembicara, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Ketua KONI Jateng Subroto, dan Kabid Pembinaan dan Prestasi KONI Jateng Mugiyo Hartono (dari kiri ke kanan). Foto: sigit pr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pandemi covid-19 yang sampai saat ini melanda hampir segala penjuru dunia, ternyata sangat berpengaruh pada semua even olahraga. Namun demikian, tidak ada alasan untuk tetap meningkatkan prestasi di bidang yang ditekuninya.

Oleh karena itu, bagi KONI Jawa Tengah, kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan olahraga prestasi, pihaknya tetap berkolerasi dengan kebijakan Pusat.

Demikian ditegaskan Ketua Umum KONI Jateng, Brigjen TNI (Purn) Subroto, saat tampil sebagai pembicara dalam diskusi virtual dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021, dengan mengambil tema, ‘Mengawal Pelatda PON XX Papua, di Tengah Pandemi Covid-19’, yang ditayangkan langsung TVKU Semarang, Kamis (11/2/2021).

BACA JUGA: PT IP Bantu Penyitas Banjir Semarang Raya Yang Belum Surut

Menurutnya, KONI Jateng telah memberikan kesempatan kepada semua cabang olahraga, untuk tetap melaksanakan program latihannya, dalam rangka menuju PON Papua. Hal itu dilakukan melalui beberapa tahap, yang hasilnya senantiasa dilaporkan kepada KONI.

”Saat melakukan sentralisasi, ada tim yang mengawasi. Ini dilakukan jika ada atlet pulang rumah dikhawatirkan kondisi akan menurun. Karenanya kita kawal terus dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat,” tutur Subroto.

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Prestasi KONI Jateng, Mugiyo Hartono, yang juga tampil sebagai narasumber mengungkapkan, dalam kondisi apa pun atlet harus tetap latihan. Namun sejak Maret hingga Mei 2020, para atlet drop kondisinya. Tetapi setelah pemerintah menerapkan kebijakan New Normal, sedikit demi sedikit mereka mulai bangkit.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Santuni Keluarga Korban Pembunuhan Sekeluarga di Rembang

Itulah sebabnya, di tengah era New Normal, KONI Jateng bertekad untuk mengembalikan kondisi para atletnya, agar tetap fit.

Mugiyo menegaskan, KONI Jateng dalam situasi pandemi saat ini, mengambil kebijakan satu tahun sebelum PON XX Papua digelar, melakukan program latihan sentralisasi, dengan harapan para atlet akan mencapai titik prestasinya di saat itu.

Dia berharap, hingga Maret 2021 mandatang, para pelatih dan atlet sudah fokus pada tahapan pertandingan, seperti try out dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Bupati Jepara Bantu Warga yang Kakinya Diamputasi dan Penderita Hidrosefalus

Sedangkan Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, mengapresiasi adanya diskusi virtual antara PWI, KONI dan TVKU, dalam rangkaian kegiatan HPN 2021.

Diungkapkannya, acara diskusi ini merupakan bentuk keberpihakan PWI Jateng terhadap KONI Jateng, dalam menghadapi PON XX Papua. Pihaknya menekankan, melalui pemberitaan yang inspiratif, akan dapat dirasakan betapa pentingnya kemaslahatan bersama.

Diskusi virtual yang dipandu Myra Azzahra ini, juga melibatkan audiens dari pengurus cabor dan KONI Kabupaten/Kota di Jateng.

Sigit PR-Riyan