blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama memasang tanda kepada Bhabinkamtibmas sebagai petugas pelacak Covid-19, pada apel di Mapolres, Kamis 11/2.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) РSebanyak 83 Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Kebumen mendapat tambahan  tugas baru. Mereka dikukuhkan sebagai petugas pelacak atau tracer Covid-19 di tingkat desa.

Langkah tersebut sebagai upaya mendukung program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro, dan program vaksinasi Covid-19. Petugas pelacak penyebaran Covid-19 diharapkan mampu mengetahui sebaran virus corona di tingkat desa, serta segera melakukan sosialisasi untuk bersama-sama memutus penyebaran Covid-19.

Pengukuhan dilakukan pada Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Sebagai Vaksinator dan Tracer Covid-19 Polres Kebumen, di halaman Mapolres Kebumen Jalan Tentara Pelajar, Kamis (11/2).

Acara ditandai pemasangan ban lengan warna kuning bertuliskan “Satgas Covid-19” oleh Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama kepada perwakilan Bhabinkamtibmas serta personel Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Kebumen.

Kapolres AKBP Piter Yanottama menjelaskan, Polres Kebumen memilik 83 personel yang tersebar di 26 Polsek.”Ini untuk membantu pihak terkait melakukan tracer kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif terhadap lingkaran kontak eratnya,”jelas AKBP Piter Yanottama.

Selanjutnya untuk tenaga kesehatan Polres Kebumen Urkes kan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya dalam melakukan kegiatan vaksinator. Pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya agar perekonomian masyarakat berjalan kembali.

Upaya yang telah dilakukan secara berkesinambungan Polres Kebumen bersama Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, diharapkan dapat menekan angka positif Corona dan perekonomian kembali normal.

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk ikut menyukseskan program tersebut.  Warga diminta selalu tertib melaksanakan protokol kesehatan 5M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Tentu kita semua ingin sehat, masyarakat sehat, gairah perekonomian di wilayah Kebumen akan meningkat pula. Terima kasih, salam sehat,”tandasnya.

Pada PPKM Berbasis Mikro saat ini, Polres Kebumen akan mendirikan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian Covid-19. Hal tersebut akan memudahkan pemantauan di tingkat desa. Di Kabuaten Kebume saat ini memiliki 449 desa dan 11 kelurahan.

Komper Wardopo