Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, S.I.K., M.H bantu menyiapkan makanan di dapur umum. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, S.I.K., M.H menyampaikan, dalam menghadapi Imlek tahun 2021, Satlantas Polrestabes Semarang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas tersebut akan dijalankan terutama dari Jakarta menuju Semarang. Khusus di pos pintu gerbang akan dilakukan rapid tes yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Polres, Polda, serta PJR.

Begitu juga yang dari Surabaya ke Semarang akan dilakukan rapid tes, karena diprediksi saat long weekend nanti banyak peningkatan Covid-19.

“Langkah-langkah yang dilakukan, kita sudah survei jalur yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Po,” kata Sigit, Rabu (10/2/2021).

Menurutnya, dalam menghadapi Imlek ini, Ditlantas Polda Jateng juga sudah menggelar rapat koordinasi untuk mengantisipasi hal tersebut, sehingga masyarakat dari luar jangan sampai seperti long weekend tahun lalu, karena itu sangat padat dan mempengaruhi peningkatan penyebaran vovid.

“Langkah-langkah yang dilakukan Satlantas, pertama membuat pos-pos pengamanan dan pelayanan untuk pembagian masker. Ada 8 pos diantaranya di pelabuhan dan di simpang lima,” ujar dia.

Untuk pelaksanaan rapid test sendiri rencana akan dilaksanakan di rest area 423 yang mengarah Jakarta dengan pintu Kalikangkung yang bekerja sama dengan Polda Jateng.

Pada kesempatan itu Sigit menghimbau kepada masyarakat, agar saat ini tidak melewati depan UNISSULA Semarang, karena hanya bisa dilewati mobil besar akibat genangan air.

Selain itu genangan air masih tinggi terjadi di depan kecamatan lama Genuk menuju Terboyo.

“Kepada seluruh pengguna jalan dari Demak menuju Semarang agar tidak melewati jalur tersebut, agar tekuk kiri lewat Bangetayu tembusnya di Majapahit. Itu pun akan mengalami ketersendatan. Meski begitu tidak terjadi macet total,” ungkapnya.

Ning