Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar., S.I.K., M.Hum memberikan bantuan kepada korban banjir di posko siaga bencana Polrestabes Semarang. Rabu (10/2/2021).   Foto : Dok. Humas Polda

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, SIK, MH meninjau kawasan banjir di Semarang, dan melaporkan situasi terkini banjir yang terlihat masih menggenangi beberapa tempat, Rabu (10/2/2021). “Sampai saat ini pukul 18.00 WIB masih terdapat genangan air,” ungkapnya.

Kasatlantas juga mendampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, MHum, Dandim Kodim 0733/BS Kol Inf Yudhi Diliyanto SIP, dan Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu saat mengecek pintu air di wilayah Genuk.

AKBP Sigit, S.I.K., M.H, Kasatlantas Polrestabes Semarang saat banjir di fly over tol Kaligawe. Foto: tangkapan layar youtube

Beberapa lokasi yang dipantau diantaranya Jl Gajah Raya, daerah Sawah Besar, rumah pompa Pasar Waru dan Jalan Kaligawe. Dan hingga sekarang, genangan air masih terlihat di depan Universitas Sultan Agung (Unisula) Jl. Kaligawe Raya, Terboyo.  “Hanya truk-truk besar yang bisa lewat depan Unisula,” terang Kasatlantas.

Depan Kecamatan Lama Genuk, tampak ketinggian air bahkan mencapai perut orang dewasa normal. Saya imbau pada pengguna jalan arah Demak menuju Semarang agar tak melewati jalur tersebut,” imbaunya.

Meski beberapa titik masih terdapat genangan air, namun dilaporkan arus lalu lintas merayap artinya tak ada kemacetan arus lalu lintas.

Selain menangani masalah Banjir di Kota Semarang,  Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, SIK., MH juga menyampaikan kesiapannya dalam menghadapi Imlek yang akan jatuh pada Jumat (12/2/2021) mendatang.

Pihaknya sudah melakukan ploting anggota dan membuat rekayasa lalu lintas terutama dari Jakarta dan Jawa Timur menuju Semarang, yang rencananya akan diberlakukan rapid test yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PJR.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, S.I.K., M.H. di dapur umum posko siaga bencana Polrestabes Semarang. Rabu (10/2/2021). Foto : Dok. Humas Polda

“Di pintu gerbang tol menuju Semarang akan kami berlakukan rapid test. Sementara ini ada di titik 423 mengarah ke Ungaran dan Tol Kalikangkung,” katanya.

Diprediksi, dalam long-weekend Imlek Tahun ini berpotensi meningkatkan angka covid-19, menangani hal tersebut Satlantas Polrestabes Semarang telah melakukan beberapa hal. Di antaranya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan survei jalur.

“Kita sudah koordinasi dengan Ditlantas Polda Jateng, harapannya masyarakat bisa menyadari kondisi sekarang jadi tak terlalu padat seperti tahun-tahun sebelumnya,”jelasnya

Selain itu Satlantas Polrestabes Semarang juga telah membuat delapan 8 pos pembagian masker terutama di Pelabuhan, Mall dan pusat keramaian.

Absa-wied