blank
Beberapa petugas kesehatan, memeriksa warga yang mengungsi akibat rumahnya diterjang banjir. Foto: dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Berbagai upaya dilakukan Kepolisian Resor Pekalongan, untuk membantu korban banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan, baik itu bantuan sosial maupun pelayanan Kesehatan.

Salah satunya yakni, Urkes Polres Pekalongan, yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada korban banjir di wilayah Kabupaten Pekalongan. Kegiatan pelayanan ini dilakukan di dua tempat, yakni di Halaman Masjid Baitussalam Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan dan penginapan di PT Lokatex Siwalan.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, melalui Paurkes Aipda Juli Purwantoro SH menyampaikan, terkait bakti kesehatan, pihaknya telah melaksanakan pengobatan massal, pembagian masker, memberikan sabun cuci tangan/piring, pengecekan kesehatan makanan yang akan dibagikan kepada pengungsi, serta penyuluhan kesehatan.

BACA JUGA : Dinsos P2KB Distribusikan Nasi Bungkus dan Logistik ke Warga Terdampak Banjir

”Selain itu juga, dilaksanakan pengecekan kesehatan kepada petugas yang membantu korban banjir,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Aipda Juli menyebutkan, pengungsi baik di Masjid Baitussalam dan penginapan PT Lokatex mempunyai keluhan kesehatan seperti batuk, pilek, gatal-gatal, sakit kepala, hipertensi dan juga diare. Jumlah pengungsi yang mengalami keluhan dan mendapatkan pengobatan berjumlah 52 orang.

Aipda Juli berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan bakti kesehatan ini, masyarakat yang menjadi korban banjir tetap dalam keadaan sehat, dan terhindar dari penyakit dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Riyan-Sol