blank
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang menghabiskan rumah korban. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Dalam waktu sehari, Jumat (5/2/2021), dua rumah di dua tempat berbeda di Kabupaten Wonosobo terbakar. Api menghanguskan seluruh isi rumah korban.

Musibah kebakaran itu menimpa rumah Mbah Pirtoni (83), warga RT 07 RW 02 Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Si jago merah juga melalap kediaman M Ridho di Dusun Penawangan RT 02 RW 05 Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

Kepala BPBD Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim Kurniawan melaporkan, rumah Mbah Pirtoni mengalami rusak berat. Kini korban diungsikan ke rumah saudaranya.

BACA JUGA : Tiga Rumah di Dusun Banaran Terbakar, Ini Sebabnya

blank
Warga bersama anggota TNI-AD berusaha membersihkan puing-puing rumah sisa kebakaran. Foto: Muharno Zarka

”Api berasal dari tungku api yang tertiup angin dan menyambar pagar rumah yang terbuat dari kayu yang sudah kering,” terangnya. Barang-barang di rumah yang dihuni dua orang itu pun, tidak bisa diselamatkan karena habis dilumat si jago merah.

”Kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta lebih. Kerugian sebagian besar berasal dari material rumah dan barang-barang rumah tangga yang ludes terbakar,” ucapnya.

Di Penawangan, kasus kebakaran rumah akibat arus pendek menyebabkan rumah M Ridho (50), terbakar. Api berawal dari atap dapur, akibat kabel listrik tergesek atap seng yang terkena angin.

”Kabel listrik pun tergesek seng di atas, hingga aus dan memercikkan api. Api yang semula kecil jadi cepat membesar karena tertiup angin kencang,” ujarnya.

Atas kejadian itu, pihak BPBD mengimbau warga agar selalu waspada dan berhati-hati jika keluar rumah. Pastikan api di tunggu mati. Kabel listrik juga harus dipasang sesuai standar yang ada.

Muharno Zarka-Riyan