blank
Jembatan di Sungai Rembun ambles dan patah, sehingga kini tidak bisa dilewati lagi. Foto: suryono sukarno

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Jembatan di jalur Pantura tepatnya di Sungai Rembun, yang ada di perbatasan antara Pekalongan-Pemalang, Kamis (4/2/2021) malam, ambles.

Jembatan yang ada di sisi Selatan ini, tiba tiba putus di bagian timur. Sebagian penyangga badan jembatan ambruk ke dasar sungai, sehingga tak bisa lagi dilintasi kendaraan.

”Saat kejadian sekitar habis Isya atau pukul 20.00 WIB. Jembatan tiba tiba putus sepanjang dua meteran. Pada saat kejadian, ada sebuah truk melintas, dan kendaraan kecil, beruntung mereka bisa selamat,” jelas Muh Fahrurozy, warga Desa Rembun, yang rumahnya di dekat lokasi kejadian, saat menceritakan peristiwa itu.

blank
Terlihat patahan jembatan sepanjang dua meter, yang diakibatkan dari amblesnya tiang penyangga jembatan. Foto: suryono sukarno

Atas kejadian ini, arus lalu-lintas di jalur Pantura terjadi kemacetan dan antrean cukup panjang, sekitar 2 km. ”Saat ini yang bisa digunakan hanya jembatan di sisi Utara saja. Karena jembatan di sisi selatan runtuh,” jelas dia lagi.

Oleh petugas kepolisian, kendaraan dari arah timur dialihkan menggunakan sisi Utara jembatan. Sehingga arus lalu lintas terpaksa antre satu persatu, baik dari arah Jakarta maupun dari arah Semarang.

Suryono Sukarno-Riyan