blank
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau genangan air banjir di Desa Jatiwetan yang diduga tercemar limbah. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Keluhan warga atas adanya dugaan pencemaran limbah pabrik di genangan air banjir yang melanda Desa Jatiwetan Kecamatan Jati langsung menuai respon.

Menindaklanjuti laporan ini, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR, Arief Budi Siswanto, Camat Jati, Andreas Wahyu, dan Kalakhar BPBD Kudus, Budi Waluyo, meninjau lokasi bencana pada Kamis (4/2/)

Hartopo mengatakan masih menunggu hasil lab untuk memastikan penyebab air banjir yang berwarna hitam dan berbau tersebut. Dijelaskan bahwa, Dinas PKPLH sedang meneliti sampel air yang hasilnya dapat diketahui seminggu lagi. Maka dari itu, pihaknya belum dapat memberi keterangan lebih lanjut.

“Kita belum tahu penyebabnya dari mana, untuk di sekitar sini yang terdekat adalah Pabrik Pura. Pabrik Pura pun sudah dikontrol terkait pengolahan limbah. Baru ada penelitian dari Dinas PKPLH, untuk hasil uji labnya tidak bisa segera, mungkin satu minggu keluar hasilnya,” ungkapnya.

Meski belum dapat dipastikan penyebabnya, Plt Bupati menyampaikan bahwa PT Pura telah ikut memberikan bantuan dalam penyedotan air banjir. Pemerintah daerah pun telah memaksimalkan penyedotan dan membuka pintu sodetan yang mengarah ke Sungai Wulan.

blank
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat mengecek dapur umum korban banjir di Kecamatan Kaliwungu. Foto:Suarabaru.id

“Dalam hal ini pun, Pura merasa punya tanggung jawab walaupun belum bisa untuk justifikasi. Pura akan memberikan bantuan penyedotan air di sini. Dari pemerintah daerah sudah memaksimalkan dari pompa perdetik bisa 1200 liter. Pompa sodetan dari sini ke Sungai Wulan pun sudah kita buka,” jelasnya.

Usai meninjau Desa Jati Wetan, Hartopo beranjak ke Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu dan Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, untuk meninjau kondisi warga yang memilih bertahan di pengungsian. Pihaknya juga memastikan keberadaan dapur umum tetap aktif demi mencukupi kebutuhan pangan bagi warga korban banjir.

Tm-Ab