blank
Guguran lava Merapi. Dok: BPPTKG

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kepala BPPTKG, Hanik Humaida memberikan klarifikasi terkait adanya berita di media sosial yang menyatakan bahwa terdapat kubah lava baru di lereng Gunung Merapi.

Klarifikasinya disampaikan melalui Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, sore ini. Dalam rilisnya dijelaskan terkait berita tersebut.

blank
Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto. Foto; suarabaru.id/ Yon

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menegaskan bahwa meterial (gundukan) hitam yang terlihat bukan kubah lava baru. “Berdasarkan hasil observasi, material tersebut terlihat tidak berpijar, tidak teramati adanya asap di material tersebut, serta tidak terdapat rekahan di sekeliling material. Kami simpulkan material tersebut adalah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awanpanas guguran,” ujarnya.

Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi aktivitas Gunung Merapi dari sumber yang terpercaya. Informasi aktivitas Gunung Merapi dapat diakses melalui Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat, radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, website merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG di Jalan Cendana no. 15 Yogyakarta, telepon (0274) 514180 -514192.

Eko Priyono-wied