Prof Gunarto (kiri) bersama Rektor Unissula menunjukkan berita acara pelantikan. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum mengatakan, dirinya akan sekuat tenaga mengemban amanah sebagai dekan di periode 2021-2026. Jabatan dekan kali ini adalah untuk periode yang kedua kalinya dia emban.

Hal itu disampaikannya, usai mengikuti pelantikan dekan oleh Rektor Unissula, yang digelar di Gedung Kuliah Bersama Lantai 1, Senin (1/2/2021). Dikatakan dia, bila di periode sebelumnya masa jabatan hanya selama empat tahun, kali ini jabatan Dekan berlaku selama lima tahun.

Menurut Prof Gunarto, dalam pemilihan dekan kali ini, harus mengikuti prosedur yang ketat dan berliku. Di antaranya, bagaimana penerapan Tri Dharma Perguruan Tingginya, sumber daya manusianya, serta keselarasan dengan program-program yang telah dijalankan universitas.

BACA JUGA : Rektor Unissula Lantik Tujuh Dekan Baru

Foto: dok/ist

Kami bersyukur atas amanah ini di periode kedua. Kami akan berusaha untuk memajukan Fakultas Hukum menjadi lebih baik lagi. Di antaranya menambah Guru Besar yang semula hanya ada lima menjadi 15. Selain itu, meningkatkan kualitas di semua program studi Fakultas Hukum, agar bisa terakreditasi internasional,” tukas Gunarto.

Sementara itu, Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD menyampaikan, para dekan yang terpilih itu merupakan orang-orang terbaik di Unissula. Disebutkannya, mereka terpilih setelah melewati sebuah proses literasi yang panjang, konsultasi dengan stake holder utama, dan dengan berbagai pertimbangan serta prestasi yang dipunyai.

”Tujuh dekan yang hari ini dilantik, merupakan dekan-dekan terbaik di lingkungan Unissula,” ungkap Rektor.

Sedangkan Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, Hasan Toha Putra menyampaikan, pentingnya taqwa dan menjaga iffah, amanah, qona’ah, tawadhu’ dan wara’.

BACA JUGA : Ekonomi Unissula Launching Choolifah School

Sebanyak tujuh dekan dilantik Rektor Unissula untuk periode 2021-2026. Foto: dok/ist

”Kita harus menjauhkan diri kita dari maksiat. Karena maksiat merupakan sumber kehancuran. Tidak ada pilihan lain yang lebih baik, taqwa dan semua turunannya harus menjadi pakaian kita sehari hari. Sebagai insan Unissula, kita tidak boleh menerima imbalan apa pun yang bukan hak kita. Amanah harus menjadi landasan kita,” ujarnya.

Pada acara pelantikan yang memberlakukan protokol kesehatan itu, tujuh dekan yang dilantik adalah, Dr dr Setyo Trisnadi SpKF (Dekan Fakultas Kedokteran), Ir Rachmat Mudiyono MT PhD (Fakultas Teknik), Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum (Fakultas Hukum), dan Prof Olivia Fachrunnisa SE MSi PhD (Fakultas Ekonomi).

Selain itu ada pula Drs Muhammad Muhtar Arifin Sholeh MLib (Fakultas Agama Islam), Dr Novi Marlyana ST MT (Fakultas Teknologi Industri), dan Dr Turahmad SPd MPd (Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan).

Riyan