blank
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA (SUARABARU.ID) Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan, nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih sebagai Kapolri yang baru.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) yang baru diterimanya dari pihak Istana Negara.

“Surpres telah kami terima dari bapak Presiden yang mana bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Polri ke depan dengan nama tunggal yaitu, bapak Drs Listyo Sigit Prabowo,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Sebagaimana diketahui, Listyo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Semasa menjabat sebagai Kabareskrim Polri, mantan Ajudan Presiden Jokowi ini memiliki beberapa prestasi.

Diantaranya adalah mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, menangkap buronan Joko S Chandra di Malaysia, dan lain sebagainya.

Listyo dikenal cukup dekat dengan Jokowi. Bagaimana tidak, saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo, Listyo menjabat sebagai Kapolres Solo.

Lalu ketika Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2012 silam, pria kelahiran 5 Mei 1969 itu menempati posisi Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri.

Yang menegaskan kedekatan mereka adalah ketika Jokowi menjadi Presiden RI pada 2014 lalu. Kala itu, Listyo diangkat menjadi ajudannya Jokowi.

Setelah mendampingi kegiatan Jokowi selama dua tahun, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 ini kemudian mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Banten.

Selang dua tahun menjadi Kapolda Banten, pangkatnya dinaikan dari Brigadir Jenderal ke Inspektur Jenderal sekaligus menempati jabatan Kadiv Propam Polri dan kemudian menjadi Kabareskrim Polri.

KBRN