blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama meninjau Polwan memasak di dapur umum BPBD didampingi staf BPBD Kebumen Totok Ary Setyanto.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Para Polwan Polres Kebumen pagi itu lain dari biasanya. Mereka sibuk  di dapur umum sinergitas TNI- POLRI, dan Pemda Kebumen di Sanggar Pramuka Kabupaten Kebumen, Jalan Tentara Pelajar, Selasa (5/1/).

Para Polwan dengan seragam lengkapnya itu sedang memasak menyiapkan menu nasi bungkus bagi warga Kebumen terdampak Covid-19.  Polisi wanita itu ada yang memotong sayur. Ada yang menggoreng lauk, ada pula yang tengah membungkus nasi.

Rupanya mereka sedang menyiapkan 1.500 nasi bungkus untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak pandemi  Covid-19. Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama beserta pejabat utama Polres serta Bhabinkamtibmas ikut hadir memantau para Polwan yang sibuk memasak.

blank
Polwan Polres Kebumen sibuk memasak 1.500 nasi bungkus untuk warga terdampak Covid-19.(Foto:SB/Ist)

Kapolres memuji para Polwan Polres Kebumen. Meski Polwan, kemampuan memasak tak boleh diragukan. Mereka juga luwes memasak sayur, meracik nasi hingga menyiapkana menjadi nasi bungkus, dibantu sejumlah sukarelawan BPBD dan PMI Kebumen.

Para Polwan Polres Kebumen dengan cekatan memasak berpacu dengan waktu menyiapkan ribuan bungkus nasi untuk segera dibagikan. Kapolres AKBP Piter Yanottama diampingi  Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto mengungkapkan, hari tu memang ada tugas khusus, yaitu memasak untuk para Polwan.

“Hari ini memang ada tugas khusus untuk Polwan Polres Kebumen. Para Polwan terjun langsung ke dapur umum, memasak menyiapkan 1.500 nasi bungkus,”imbuh Kasubbag Humas  Iptu Sugiyanto.

Sebelum waktu Salat Duhur, ribuan nasi bungkus siap dibagikan. Selanjutnya didistribusikan ke-12 Kecamatan di Kabupaten Kebumen menggunakan mobil patroli Polsek dengan melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kodim 0709.

Pembagian melibatkan personel Bhabinkamtibmas dan langsung diserahkan kepada warga masyarakat yang terdampak dari Pandemi Covid-19. “Kita melibatkan Bhabinkamtibmas Polsek dan Babinsa Koramil dalam pendistribusiannya. Mereka yang tahu secara persis, siapa yang berhak menerima bantuan nasi bungkus tersebut,” jelas Iptu Sugiyanto.

Dari kegiatan tersebut Kasubbag Humas Polres berharap dapat sedikit meringankan beban  warga. Ia mengimbau kepada masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan 4m, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan serta menjauhi kerumunan. Memutus mata rantai  penyebaran Covid-19  memang menjadi tugas bersama.

Komper Wardopo