blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Walaupun sejak dua minggu  yang lalu,  Jepara sudah masuk ke zona resiko tinggi atau zona merah, namun pada portal resmi Satuan Tugas  Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara, sampai Senin (28/12-2020) malam jam 21.35 Wib   masih saja memajang posisi  Jepara pada zona risiko sedang atau zona oranye.

Padahal pada  peta risiko penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah, skore Jepara pada minggu ke 51  adalah 1,68. Sedangkan pada minggu kemarin atau minggu 52 nilai skore Jepara 1,75.  Sementara dalam penghitungan peta risiko yang berlaku secara nasional peta risiko dibagi dalam 4 zonasi  yang ditetapkan berdasarkan nilai skor.

Zona hijua adalah daerah atau wilayah tanpa kasus dan zona risiko rendah atau yang dikenal dengan zona kuning nilai skornya adalah  2.41-3.0. Sementara   zona risiko sedang (orange)  adalah 1.81 – 2,40 dan zona  risiko tinggi (merah) adalah   0 -1.80. Dengan demikian Jepara yang memiliki skore 1,68 telah masuk dalam zona merah.

SUARABARU.ID yang meminta klarifikasi terhadap pemasangan zona oranye pada peta risiko Jepara  ke BPBD mendapatkan jawaban bahwa untuk isi portal Satgas itu yang mengisi adalah DKK. Sedangkan dari Diskominfo juga menjelaskan hal yang sama.

Sementara saat SUARABARU.ID meminta konfirmasi ke Juru Bicara Satgas Muh Ali  terkait dengan hal tersebut hanya dijawab, Jepara masih pada zona risiko tinggi.

Hadepe-ua

l