blank
Pemakaman jenazah di TPU Belangan, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Wonogiri, dilakukan oleh Relawan MDMC bersama Relawan Kecamatan Selogiri, dengan fasilitasi koordinasi dari Tim Covid Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam sehari, Sabtu (23/12), Tim Covid Wonogiri memakamkan lagi tiga jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Dua diantaranya dimakamkan di Kecamatan Ngadirojo dan satu lainnya dikuburkan di Kecamatan Manyaran.

Dengan tambahnya pemakaman 3 jenazah tersebut, ini menjadi penguburan jenazah secara Prokes pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19 yang ke 46 kalinya, pada hari ke 26 Bulan Desember 2020. Itu menambah jumlah penguburan yang dilakukan oleh Tim Covid Wonogiri, yang totalnya kini setidak-tidaknya mencapai sebanyak 123 jenazah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, dua jenazah yang dikuburkan di Kecamatan Ngadirojo, terdiri atas jenazah seorang pria berinisial WS (53), warga Dusun Tukluk, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri.

blank
Sehari, dilakukan pemakaman 3 jenazah dilakukan secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. Dua jenazah dimakamkan di Kecamatan Ngadirojo dan satu jenazah dikuburkan di Kecamatan Manyaran.

Pangrukti Layon
Berikut jenazah seorang pria berinisial M (53), penduduk Dusun Sanggrahan, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon) dua-duanya, dilakukan oleh pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Yakni tempat keduanya menjalani perawatan sampai menghembuskan napas terakhirnya.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, pemakaman kedua jenazah tersebut dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Wonogiri.

Yakni personel dari BPBD Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Wonogiri, relawan dari Search And Rescue (SAR) Majelis Tafsir Alquran (MTA) Wonogiri dan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri.

blank
Satgas Pemakaman Tim Covid Wonogiri yang melaksanakan penguburan, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, bersama relawan dari PMI, SAR MTA, dan relawan dari Senkom.

TPU Tukluk
Awalnya, yang dikuburkan lebih dulu adalah jenazah WS di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tukluk, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Berlangsung mulai Pukul 09.39 sampai dengan Pukul 10.15. Kemudian penguburan jenazah M dilaksanakan mulai Pukul 11.45 sampai dengan Pukul 12.20, di TPU Sambirejo, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Penguburan yang ketiga, adalah pemakaman jenazah seorang perempuan berinisial Ny S (65) warga Dusun Belangan, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Pemulasaraan jenazahnya, dilakukan oleh pihak Rumah Sakit (RS) Pusat Kesehatan Umum (PKU) Muhammadiyah Nambangan, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, tempat dimana dia menjalani perawatan sampai meninggal.

blank
Warga masyarakat bersama pamong desa, ikut membantu kelancaran prosesi pemakaman jenzah, dengan menggali liang lahat untuk tempat penguburan.

Untuk selanjutnya, prosesi penguburannya dilaksanakan di TPU Belangan, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran (25 Kilometer arah barat daya Ibukota Kabupaten Wonogiri). Berlangsung mulai Pukul 11.30 sampai dengan Pukul 12.30. Prosesi pemakamannya dilakukan oleh Relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama Relawan Kecamatan Selogiri, dengan mendapatkan fasilitasi koordinasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri.

Ikut hadir menyaksikan penguburan ketiga jenazah tersebut, jajaran Forkompimcam dan tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas dari Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Manyaran, bersama aparat pemerintahan Desa Kerjo Lor, Desa Ngadirojo Kidil dan Desa Gunungan, beserta perwakilan keluarga almarhum dan alamarhumah.

Bambang Pur