Dengan bantuan penerangan lampu listrik yang dipasang darurat, Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, semalam menguburkan jenazah secara Prokes pencegahan wabah virus corona di TPU Pandangan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Semalam, Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Jumlah warga yang terpapar Covid-19 Kabupaten Wonogiri, dilaporkan meningkat menjadi sebanyak 1.168 orang.

Pemakaman semalam, dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pandangan, Desa Gambiranom, Kecamatan Baturetno (55 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri). Di Wonogiri, ini menjadi penguburan jenazah secara Prokes pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19 yang ke 43 kalinya, pada hari ke 25 Bulan Desember 2020.

Pemakaman yang dilakukan bersamaan Hari Natal 2020 tersebut, menambah jumlah penguburan yang dilakukan Tim Covid Wonogiri, kini setidak-tidaknya mencapai sebanyak 120 jenazah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, yang dikuburkan Jumat malam (25/12) adalah jenazah seorang pria berinisial S (60).

Semalam, jenazah pasien dari RSI Sultan Agung Semarang, ini diangkut mobil mayat langsung ke TPU Pandangan, Desa Gambiranom, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, tanpa disemayamkan lebih dulu di rumah duka.

RSI Sultan Agung
Sesuai kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya, S, merupakan warga yang tinggal di Jalan Parangklitik Raya Nomor: 07, Kelurahan Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pemimpin  Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, pemulasaraan jenazah (pangrukti layon) S, dilakukan di Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung, Kota Semarang, tempat dia menjalani perawatan sampai menghembuskan napas terakhirnya.

Kemudian prosesi penguburannya dilakukan di TPU Pandangan, Dusun Pandangan Desa Gambiranom, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Ini sesuai dengan alamat pihak keluarga almarhum.

Dalam tempo 25 hari belakangan ini, warga Wonogiri yang terkonfirmasi positif Covid-19, meningkat sebanyak 434 orang atau 59,12 persen, dan totalnya kini menjadi sebanyak 1.168 orang.

Penguburan jenazah S, berlangsung mulai Pukul 20.00 sampai dengan Pukul 21.00. Dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri.

Meningkat 59, 12 Persen
Juga melibatkan relawan dari Komunitas Relawan Independen (KRI) Wonogiri, relawan dari Search Anda Rescue (SAR) Wonogiri, dan relawan dari SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA) Kabupaten Wonogiri. Ikut menyaksikan jalannya penguburan, jajaran Forkompimcam dan Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Kecamatan Baturetno, bersama aparat Pemeirntahan Desa Gambiranom beserta perwakilan pihak keluarga almarhum.

Peta persebaran kasus Covid-19 di masing-masing kecamatan se Kabupaten Wonogiri, lengkap dengan penunjukkan status zona-nya.

Sementara itu data terkini jumlah warga Kabupaten Wonogiri yang terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat sebanyak 1.168 orang. Perinciannya sebanyak 38 orang dirawat di Rumah Sakit (RS), 62 orang menjalani isolasi mandiri, 1.023 orang sembuh dan 45 orang meninggal.

Jumlah sebanyak 1.168 orang tersebut, terhitung meningkat sebanyak 434 orang (59,12 persen) dalam kurun waktu 23 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Untuk yang suspect dan probable tercatat sebanyak 172 orang, terdiri atas 21 orang dirawat di RS, 113 orang sembuh dan 38 orang meninggal.

Bambang Pur