Pemakaman secara Prokes Covid pada jenazah pria berinisial IS (52), semalam berlangsung di TPU Dusun Jarak, Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemakaman tiga jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 di Kabupaten Wonogiri, Rabu (23/12),  berlangsung sampai malam hari. Itu dilakukan di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri, yakni di Kecamatan Jatisrono, Giritontro dan di Kecamatan Girimarto.

Dengan penambahan penguburan tiga jenazah tersebut, ini menjadikan pemakaman secara Prokes pencegahan wabah virus corona yang ke 117 kalinya di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, dua dari tiga jenazah yang dikuburkan adalah pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Kemudian satu jenazah lagi, adalah pasien dari RSUD Dokter Darsono Kabupaten Pacitan, Jatim.

Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan oleh RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri dan oleh RSUD Dokter Darsono Kabupaten Pacitan. Yakni rumah sakit tempat ketiga pasien itu menjalani perawatan sampai menghembuskan nafas terakhirnya.

Relawan Desa memakamkan jenazah secara Prokes Covid-19 di TPU Ginade Kulon, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri. Jenazah yang dimakamkan, merupakan pasien RSUD Dokter Darsono Kabupaten Pacitan, Jatim.

TPU Pule
Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, yang pertama dimakamkan adalah jenazah seorang pria berinisial K (52), warga Dusun Pule, Desa Pule Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Yang bersangkutan, sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri, dan dikuburkan Rabu petang (23/12) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pule Kecamatan Jatisrono (30 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Berlangsung mulai Pukul 16.25 sampai dengan Pukul 17.30.

Satgas Pemakaman Tim Covid Wonogiri yang menguburkan secara Prokes pencegahan wabah virus corona, terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari PMI Wonogiri, relawan SAR MTA Wonogiri dan relawan Sibat Kecamatan Jatisrono.

Satgas pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melakukan penguburan jenazah secara Prokes, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, bersama relawan dari PMI, KRI, MTA, Sibat, TKSK dan relawan desa.

RSUD Pacitan
Selanjutnya penguburan kedua di Kecamatan Giritontro, Wonogiri, memakamkan jenazah seorang kakek berinisial W (76), warga Dusun Ginade Kulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri. Pemulasaraan jenazahnya dilakukan oleh RSUD Dokter Darsono, Kabupaten Pacitan, Jatim.

Penguburan jenazahnya dilakukan oleh Satgas relawan Desa Tlogoharjo, berlangsung Pukul 17.45 sampai dengan Pukul 19.45 di TPU Ginade Kulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro  (60 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Berikut yang dimakaman di Kecamatan Girimarto, Wonogiri, adalah jenazah pria berinisial IS (52), warga Dusun Jarak, Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Yang bersangkutan, sebelumnya dirawat di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.Penguburan jenazahnya, berlangsung Rabu malam (23/12) mulai Pukul 21.00 sampai dengan Pukul 22.00, TPU Dusun Jarak (30 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, bekerja tanpa mengenal waktu. Tugas penguburan dilaksanakan baik pada siang hari, petang maupun malam.

Bersama Relawan
Yang memakamkan personel dari BPBD Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari KRI (Komunitas Relawan Independen) Wonogiri, relawan dari TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Girimarto dan relawan desa setempat.

Forkompimcam bersama tenaga kesehatan (Nakes) dari Kecamatan Jatisrono, Giritontro dan Kecamatan Girimarto, hadir menyaksikan penguburannya. Juga hadir aparat pemerintah desa di tiga lokasi penguburan beserta perwakilan dari tiga keluarga almarhum.

Bambang Pur