blank
Petugas medis dari Puskesmas Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, bersama aparat Polsek, melakukan pemeriksaan terhadap jenazah Kakek Paiman yang menjadi korban tewas karena tenggelam dan hanyut di aliran kali.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Malang nian nasib Kakek Paiman (80). Penduduk Dusun Dungringin, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, ini ditemukan tewas sebagai korban tenggelam dan hanyut di Kali Dung Kucing, Dusun Turus, Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing melalui Kasub Bag Humas Polres Iptu Suwondo, Kamis (17/12), menyatakan, tragedi kakek tewas tenggelam dan hanyut tersebut terjadi Rabu (16/12). Polsek Giriwoyo pimpinan Iptu Wartadi, menerima laporan Pukul 06.30 dan korban berhasil ditemukan pada Pukul 09.30.

Jenazah korban ditemukan di aliran Kali Dung Kucing, Dusun Turus, Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, yang berjarak sekitar 1,5 Kilometer (KM) ke arah hilir.

Kakek kelahiran Wonogiri Tanggal 1 Juli 1940, ini ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa tersangkut di barongan pring (rumpun bambu) yang tumbuh di tepi aliran kali.

Kondisi Pikun
Kronologi kejadiannya, berawal ketika istri korban, Ny Karni, Rabu dinihari (16/12) Pukul 03.00, tidak mendapati suaminya di dalam rumah. Para tetangga yang mendapatkan pengaduan dari Ny Karni, segera melakukan pencarian di sepanjang aliran kali. Meski disebutkan kondisinya sudah pikun dan agak kesulitan berjalan, tapi korban memiliki kebiasaan berak di tepi aliran kali.

Kepala Desa (Kades) Sedang Agung, Supardi, tampil memimpin pencarian bersama warga dan Relawan Desa. Ikut memberikan bantuan pencarian, personel Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri dan anggota Koramil Giriwoyo Kodim 0728 Wonogiri.

Hasilnya, menemukan korban tersangkut di rumpun bambu, berjarak 1,5 KM dari lokasi rumahnya. Polisi bersama tenaga medis dari Puskesmas Giriwoyo, yang memeriksa kondisi korban, tidak menemukan tanda-tanda mencurigakan, dan menyimpulkan Kakek Paiman tewas karena tenggelam dan hanyut, setelah terpeset ketika berak di tepi kali.

Usai pemeriksaan, jenazah korban kemudian diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Penyerahan jenazah disaksikan oleh Kades Sendang Agung, Supardi.

Bambang Pur