blank
Sekretaris Mappilu-PWI Jateng, M Chamim Rifai (tengah), saat menerima sertifikat dan id card dari anggota KPU Kota Semarang, Novi Maria Ulfah dan Suyanto, Selasa (8/12/2020). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu-PWI (Mappilu-PWI) Jateng, secara resmi telah mendapat sertifikat akreditasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Nomor: 1539/PP.03.2-Kt/3374/KPU-Kot/XII/2020, ditandatangani Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, tertanggal 2 Desember 2020.

Di waktu yang sama, Mappilu-PWI Jateng juga mendapat sertifikat akreditasi dari KPU Kendal.

”Dengan didapatnya akreditasi ini, berarti secara ketentuan aturan perundang-undangan, Mappilu-PWI Jateng resmi sebagai pemantau pemilu 2020 di wilayah hukum KPU Kota Semarang. Selamat bertugas,” pesan Novi Maria Ulfah, didampingi Suyanto, saat menyerahkan sertifikat dan id card pemantauan di Kantor KPU Kota Semarang, Selasa (8/12/2020).

BACA JUGA : KONI Cairkan Bantuan Insentif untuk Atlet dan Pelatih Tahap Kedua

Novi menambahkan, pemantau harus segera membuat laporan hasil pantauannya maksimal tujuh hari, usai dilaksanakan pencoblosan. Ada pun bentuk dan mekanisme laporannya diserahkan kepada pemantau, karena memang tidak ada ketentuan baku yang mengaturnya.

Suyanto menjelaskan, Pilwakot Semarang yang hanya diikuti satu paslon, menempatkan tim pemantau sejajar haknya dengan saksi. Karenanya, pemantau boleh masuk di dalam TPS yang menjadi tujuan pemantauannya.

”Pemantau juga berhak mendapatkan rekapan hasil. Selain itu, juga berhak memberikan masukkan ataupun arahan untuk ikut mengatasi jika terjadi perselisihan,” imbuh Suyanto.

Partisipasi
Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah memberikan support, dengan jalan memobilisasi maupun memberikan rangsangan-rangsangan, agar masyarakat pemilih datang menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, Sekretaris Mappilu-PWI Jateng, M Chamim Rifai menyampaikan, dengan keluarnya surat sertifikasi dari KPU Kota Semarang ini, maka Mappilu-PWI Jateng memastikan diri akan berpartisipasi di Pilwakot Semarang, Rabu (9/12/2020) sebagai pemantau.

”Ini adalah wujud partisipasi Mappilu-PWI Jateng di Pilkada 2020. Kita hadir sebagai petugas pemantau,” tandas dia.

Riyan-Sol