blank
Sekda Demak, Singgih Setyono, saat menerima penghargaan dari Kementrian PANRB, yang diserahkan Ketua Ombudsman RI, di Jakarta. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Meraih prestasi yang membanggakan di tengah pandemi
covid-19, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Demak.

Hal ini dibuktikan dengan diterimanya piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Demak, yang menjadi Juara I pada Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan publik Terbaik. Pemkab Demak terpilih sebagai Pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020.

Penghargaan dari Kemenpan RB itu diserahkan Prof Amzulian Rifai SH LLM PhD, dan diterima Sekda Demak Singgih Setyono, di Gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/20). pada acara bertajuk Awarding Top Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Penanganann Covid-19 dan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020.

BACA JUGA : Warga Rusunawa Kota Tegal Mengadu ke Deputi KSP

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengungkapkan, penghargaan ini
merupakan bentuk apresiasi dan dorongan motivasi bagi penyelenggara pelayanan publik, yang memiliki prestasi di bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik dan inovasi pelayanan publik.

Menurut dia, tujuan dari penghargaan ini untuk memberikan informasi dan mempromosikan berbagai terobosan yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik. Terobosan yang dilakukan, juga harus memberi kemudahan bagi publik menyalurkan aspirasi dan pengaduan pelayanan publik, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya secara virtual mengatakan, salah satu keberhasilan reformasi birokrasi adalah pelayanan publik.

Dikatakan dia, ini merupakan momen yang sangat penting, seperti yang diinginkan dalam visi misi Presiden, yaitu birokrasi yang baik, clear government and clean government.

Dijelaskan Wapres, ini menjadi suatu kebutuhan untuk mewujudkan pemerintah yang baik. Dalam konteks ini, maka pelayanan publik akan menunjukkan pemerintah yang bersih dan baik.

blank
Pemkab Demak terpilih sebagai Pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020. Foto: rudy

Tupoksi Langsung
Seusai menerima penghargaan, Sekda Demak Singgih Setiyono menyampaikan, prestasi ini sangat berarti untuk Kabupaten Demak.

”Kita sudah melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Dan masyarakat ternyata menerima dan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Ini terbukti dengan pemberian penghargaan yang telah kita terima ini,” terang Singgih.

Pihaknya berharap, di tahun yang akan datang Demak akan mendapatkan lebih banyak lagi penghargaan dari OPD lainnya, yang mempunyai tupoksi langsung kepada pelayanan masyarakat. Dimana ini akan membuat masyarakat lebih puas terhadap pelayanan dari Pemkab Demak.

Sementara itu, Ketua Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Kabupaten Demak, Endah Cahyarini, Kamis (26/11/2020) di ruang kerjanya, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas keberhasilan yang diterima.

”Terima kasih kepada semua tim yang tetap solid dan konsisten. Ini merupakan prestasi yang luar biasa. Dalam penilaian ini, Pemkab Demak telah mengalahkan 500 lebih lembaga pemerintahan di Indonesia. Dengan keberhasilan ini, kami berharap akan menjadi motivasi untuk terus melakukan inovasi-inovasi pelayanan publik yang lebih baik lagi,” pungkas Endah.

Rudy-Riyan