Salah satu view indah berupa pemandangan alam yang dikelola Desa Wisata di Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Warga Wonosobo layak bersyukur karena dianugeri alam yang indah. Pemandangan alam yang mempesona itu pun jadi andalan wisata alam di beberapa desa.

Lantaran anugerah keindahan alam itu pun menjadikan beberapa desa merintis berdirinya Desa Wisata. Potensi tersebut tidak mesti dimiliki setiap desa di daerah lain.

Keberadaan Desa Wisata, menurut Calon Wakil Bupati Wonosobo M Albar, harus dikelola dengan baik. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi warga di sekitarnya.

“Jangan sampai potensi alam yang punya view bagus di desa tidak bisa dikelola dengan baik. Sebab, sektor wisata dapat mendongkrak peningkatan ekonomi di desa,” katanya, Kamis (29/10).

Pandemi global Covid-19, memang sempat menghantam dunia pariwisata, termasuk yang ada di Wonosobo. Apalagi Desa Wisata baru yang tengah dirintis langsung terkena dampaknya, karena sepi pengunjung.

Harus Bertahan

Calon Wakil Bupati Wonosobo M Albar. Foto: SB/Muharno Zarka

Setelah pandemi virus Corona, politisi yang kerap disapa Gus Albar itu, berharap sektor pariwisata dapat kembali bergeliat. Di masa news normal ini, meski tempat wisata mulai dibuka, tapi wisatawan yang berkunjung masih belum maksimal.

“Mudah-mudahan pandemi global Covid-19 cepat berlalu. Sehingga tempat wisata di Wonosobo, termasuk Desa Wisata, bisa ramai lagi seperti dulu. Ekonomi warga di tempat wisata pun bisa bangkit kembali,” harapnya.

Menurut Ketua DPC PKB itu, sektor wisata merupakan jenis usaha jasa. Karena itu, pelayanan kepada wisatawan mutlak diperhatikan. Warga harus bisa menyambut pengaunjung dengan ramah.

“Pendukung tempat wisata juga harus diperhatikan. Seperti prasarana jalan, tempat wisata kuliner dan penjualan oleh-oleh sampai MCK dan sarana ibadah musti disiapkan sebaik mungkin,” sarannya.

Tempat wisata yang punya potensi alam bagus, sambungnya, tapi tidak didukung prasarana yang lain, maka bisa ditinggal wisatawan. Sebaliknya, tempat wisata yang dikelola profesional, akan menyedot banyak wisatawan untuk berkunjung.

Muharno Zarka-Wahyu