blank
KETERANGAN - Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi memberikan keterangan kepada wartawan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Perkembangan terakhir kasus Covid-19 di Kota Tegal, Jawa Tengah melonjak. Sebanyak 25 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 3 Kluster Aktif.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Primawati Indraswari, Kabar Humas M Rudi Herstyawan, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tegal, Siti Halamah di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Tegal Jalan Kartini Kota Tegal, Rabu (7/10/2020).

“Terhitung hari ini Rabu (7/10/2020) tercatat terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tegal berjumlah 25 orang. Ada 3 Kluster Covid-19 aktif yang masih kita lakukan tracking,” kata Jumadi.

Jumadi menyebut, tracking dilakukan terutama terhadap kluster guru (para kepala sekolah SD) Kota Tegal yang melakukan perjalanan menggunakan bis ke Purwokerto terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 12 orang dan satu diantaranya meninggal dunia.

Jumadi melanjutkan, kluster keluarga di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 14 orang. Dari 14 orang, 1 orang meninggal dunia.

Kluster ke tiga yakni dari kluster Hotel sebanyak 9 orang, asal warga Kota Tegal 4 orang, 4 orang Kabupaten Tegal dan 1 orang warga Kabupaten Brebes.

Total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tegal, Jumadi menyebut jumlah total 205 orang. “Dari jumlah tersebut rata-rata Orang Tanpa Gejala (OTG) yang harus selalu di waspadai.

“Kenaikan jumlah karena kita telah melakukan tracking dan testing swab terhadap warga masyarakat Kota Tegal. Kalau kemarin katakanlah aturan WHO 1/1.000, yang kita lakukan malah 3/1.000. artinya kita telah melakukan tracing, testing swab 300 prosen,” ungkap Jumadi.

Sampai hari ini pihak Pemkot Tegal telah melakukan tes swab sebanyak 5.000 lebih. Dengan jumlah tersebut Pemkot Tegal sudah melebihi apa yang telah dianjurkan oleh WHO, Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Tengah.

Merujuk Coronategal.go.id terhitung Rabu (7/10/2020) petang tercatat kasus terkonfirmasi Covid-19 warga Kota Tegal sebanyak 216, dirawat 9 orang, isolasi mandiri 69, sembuh 122 dan 16 meninggal.

Nino Moebi