blank
Api membara membakar SPBU Sawangan Leksono Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)–Sopir kendaraan minibus yang diduga menjadi penyebab kebakaran di SPBU Sawangan, Leksono Wonosobo melarikan diri. Hingga saat ini, Polres Wonosobo masih melakukan pengejaran terhadap sopir tersebut.

Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Sugiharto, Selasa (29/9) siang ini, mengatakan, percikan api berasal dari kendaraan yang tengah mengisi BBM di SPBU Sawangan. Namun, paska kejadian sopir kendaraan minibus tidak berada di tempat.

“Api berasal dari kendaraan yang sedang mengisi BBM semalam. Sampai kendaraan hangus terbakar. Tetapi sopirnya melarikan diri. Saat ini kami masih mencari keberadaan sopir kendaraan tersebut,” katanya.

Pihaknya menyebut, kendaraan tersebut menyalahi aturan. Pasalnya, pemilik kendaraan memodifikasi dengan membuat tanki besar di bagian belakang kendaraan.

Tangki Tambahan

blank
Bekas SPBU Sawangan Leksono Wonosobo yang semalam dilalap api. Foto : SB/dok

“Jadi pemilik mobil ini memodifikasi dengan membuat tanki tambahan. Di bagian belakang dibuat tanki khusus. Ini jelas melanggar aturan. Karena keperuntukkan mobil ini jelas bukan untuk mengangkut BBM,” jelasnya.

Akibat dari kejadian ini, salah satu pompa pengisian BBM di SPBU tersebut hangus terbakar. Sedangkan pompa pengisian lainnya sebagian meleleh di bagian display.

Untuk korban jiwa akibat kebakaran ini tidak ada. Hanya ada kerusakan pompa pengisian BBM, minimarket dan kendaraan yang tengah mengisi BBM.

“Kerusakan di bagian atap SPBU, pompa pengisian BBM, minimarket dan kendaraan minibus. Tetapi untuk korban jiwa akibat kebakaran ini tidak ada,” ujarnya.

Muharno Zarka-Wahyu