blank
Armada gunner ini dipergunakan untuk penyemprotan di wilayah-wilayah yang mudah dijangkau, seperti di Gedung BPPKAD Grobogan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Grobogan terus melakukan pelayanan masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah ini. Selama ini, PMI Grobogan melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan tangki yang diletakkan di atas mobil pick up. Namun, hadirnya gunner memudahkan para relawan dalam melakukan penyemprotan disinfekan ke beberapa titik di Kabupaten Grobogan.

Kasi Pelayanan Masyarakat PMI Grobogan, Gesit Kristyawan mengatakan, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan ke wilayah-wilayah di Kabupaten Grobogan menggunakan gunner tersebut selama sepekan terakhir.

“Sudah sepekan ini menggunakan gunner untuk penyemprotan disinfektan. Dengan menggunakan alat ini, volume penyemrotan disinfektan lebih besar dari pada saat menggunakan mobil biasa. Namun, kita juga tetap masih menyemprot dengan mobil kecil,” jelas Gesit, Selasa (29/9/2020).

Gesit mengatakan, armada gunner ini dipergunakan untuk penyemprotan disinfektan, khususnya di jalan raya. Sementara, penyemprotan dengan mobil kecil dilakukan untuk penyemprotan di wilayah pemukiman warga.

“Ini kendaraan milik PMI Pusat yang di-droping ke provinsi. Jadi, kami pinjam dari PMI Provinsi Jawa Tengah dengan jangka waktu peminjaman satu bulan. Meski hanya dipinjami selama satu bulan, tetapi untuk target, kami tidak menargetkan, namun penyemprotan disinfektan dengan gunner ini akan kami lakukan terus,” tambah Gesit.

Pihaknya berharap penyemprotan disinfektan yang dilakukan PMI Grobogan dapat menjadi sarana pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, adanya penyemprotan disinfektan ini mengajak semua warga masyarakat Kabupaten Grobogan agar tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), khususnya di masa pandemi ini.

Hana Eswe-Wahyu