blank
KPU Wonogiri menggelar deklarasi kampanye Pilkada damai. Karena hadirin dibatasi jumlahnya, KPU mengunggah prosesi deklarasi ini secara live melalui jejaring internet, agar dapat diikuti masyarakat secara luas.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupten Wonogiri, Sabtu (26/9) hari ini, menggelar deklarasi kampanye damai. Ini dilakukan, berkaitan dengan agenda yang telah dijadwalkan, bahwa kampanye Pilkada dimulai Sabtu (26/9).

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, menyatakan, deklarasi kampanye damai perlu dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19). Tujuannya, agar momentum Pilkada sebagai pesta demokrasi rakyat memilih pemimpin, tidak menjadi klaster baru penularan wabah virus corona.

Deklarasi kampanye damai yang memenuhi Prokes, digelar di Kantor KPU Kabupaten Wonogiri. Dihadiri oleh para pasangan calon (Paslon) beserta tim suksesnya. Juga hadir para komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri bersama para pimpinan dinas instansi terkait lainnya.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (tengah) didampingi Sekda Wonogiri Haryono (kiri) dan Ketua KPU Toto Sihsetyo Adi (kanan), memberikan arahan saat rapat persiapan deklarasi kampanye damai.

Semua hadirin yang oleh KPU Wonogiri jumlahnya dibatasi, diwajibkan mentaati Prokes pencegahan Covid-19. Termasuk dilakukan pemeriksaan suhu badan memakai thermogun kepada semua hadirin dan tamu undangan.

Kamtibmas Kondusif
Sebelumnya, bersamaan dengan pengundian nomor urut paslon, KPU telah menggelar deklarasi Prokes yang ditandatangani oleh dua Paslon. Yakni Paslon Hartanto-Joko Purnomo (Harjo) pemilik nomor urut satu, dan duet Joko Sutopo-Setyo Sukarno (JOSSS) pemilik nomor urut dua.

blank
Susana rapat di Kantor KPU Kabupaten Wonogiri, menjelang dilakukan deklrasi kampanye Pilkada damai. Peserta rapat meyampaikan masukan, saran, pendapat terkait dengan kampanye damai yang mematuhi Prokes.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, menyampaikan perihal tentang pentingnya menjaga keamanan, dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif, untuk mendukung agar pelaksanaan Pilkada Tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Harapannya, supaya Pilkada berjalan lancar, aman, tertib dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk terhindarkan dari penularan wabah virus corona. Sebagai pesta demokrasi, rakyat didorong dapat memilih pemimpin yang amanah dan mampu membawa kemajuan dan peningkatan kesejahteraan bagi Kabupaten Wonogiri beserta seluruh masyarakatnya.

Bambang Pur