blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memberikan jamu kepada pengguna jalan di depan Mapolres Jalan Tentara Pelajar.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ada kegiatan uni digelar Polres Kebumen dan jajaran Satlantas pada Puncak Hut Polantas ke-65 Selasa (22/9). Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kasat Lantas  AKP Sugiyanto membagikan jamu dan minuman tradisional kepada para pengguna jalan.

Kegiatan simpatik kepada pengguna jalan yang melintas di depan Mapolres Jalan Tentara Pelajar Kebumen itu dalam rangka puncak perayaan HUT Polantas Bhayangkara ke-65 dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat pengguna jalan. Banyak warga menepi dan memperoleh jamu menyegarkan serta menyehatkan dari Kapolres Kebumen.

AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengungkapkan,bagi-bagijamu dan masker yang digelar oleh Polres Kebumen bersama Sat Lantas itu untuk kembali mengingatkan masyarakat pentingnya mengenakan masker pada situasi sekarang.  Kegiatan bagi jamu juga terpusat di Ditlantas Polda Jateng.

Slogan HUT Polantas tahun ini adalah “Budaya Minum Jamu ‘ne bebas Covid ‘te.”Kegiatan ini juga termasuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM,”jelas AKBP Rudy Cahya didampingi Kasat Lantas AKP Sugiyanto.

blank
Kapolres Kebumen didampingi Kasat Lantas AKP Sugiyanto menyerahkan potongan tumpeng kepada anggota Satlantas tertua Aiptu Slamet.(Foto:SB/Ist)

Bagi-bagi jamu Sat Lantas Polres Kebumen terselenggara dan berkolaborasi dengan pedagang jamu tradisional yang ada di Kebumen. Melalui kegiatan itu pula, masyarakat akan kembali diingatkan agar selalu patuh terhadap Undang-undangLalu lintas serta patuh terhadap protokol kesehatan.

“Kegiatannya banyak, selain bagi-bagi jamu kami mengajak masyarakat untuk patuh terhadap undang-undang Lalu-lintas. Selanjutnya kami ingatkan pula untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Kami juga membagikan masker kepada para pengguna jalan,” ungkapnya.

Salah seorang pengguna jalan Siska Yunita menyambutbaik kegiatan Polres Kebumen. Ia saat itu melintas di depan Mapolres mendapat masker gratis dan jamu jawa dari Kapolres Kebumen.”Ini bagus banget ya. Supaya masyarakat ikut berpartisipasi dan meningkatkan kesehatan melawan covid-19,” ungkapnya.

Potong Tumpeng

Sementaara itu perayaan puncak HUT Polantas Bhayangkara ke-65, Kapolres Kebumen memotong tumpeng nasi kuning sebagai ungkapan rasa syukur, Selasa (22/9). Potongan tumpeng diberikan polisi senior Sat Lantas Polres Kebumen Aiptu Slamet selaku Baur STNK dan polisi termuda Bripda Dede anggota Unit Turjawali Sat Lantas Polres Kebumen.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyerahkan tumpeng kepada anggota Satlantas termuda Bripda Dede R.(Foto:SB/Ist)

Meski sederhana, acara tasyakuran berlangsung meriah di Gedung Tribrata Polres Kebumen.”Semoga Polantas selalu dicintai masyarakat. Semoga dengan bertambahnya usia, semakin profesional dalam mengemban tugas,”ungkap AKBP Rudy.

Kepada para personel Sat Lantas, AKBP Rudy berpesan agar lebih semangat dalam menjalankan tugasnya mengabdikan diri kepada masyarakat.

Sejarah Korp Lalulintas Kepolisian Polri sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Pemerintah Hindia Belanda menganggap perlu wadah untuk mengimbangi perkembangan lalu lintas yang semakin meningkat sehingga pada 15 Mei 1915 lahirlah organ lalu-lintas yang disebut Voer Wesen, dan diperbaharui menjadi Verkeespolitie, yang artinya Polisi Lalu Lintas.

Eksistensi Korlantas dipertegas pada 22 September 1955. Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20 / XVI / 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, di bawah Kepala Kepolisian Negara. Tanggal 22 September selanjutnya menjadi acuan ulang tahun Korlantas yang dirayakan hari ini.

Komper Wardopo