blank
Semburan air yang terjadi di Desa Manggarmas dan belum terhenti sejak kemarin. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Semburan air setinggi 10 meter muncul saat pembuatan sumur bor oleh sebuah minimarket di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong. Semburan tersebut muncul pada Sabtu (12/9/2020).

Namun, hingga Minggu (13/9/2020), banyak warga yang berdatangan karena penasaran melihat fenomena alam tersebut.

Baca juga Semburan Gas di Tanggungharjo Dibakar; Dikhawatirkan Racuni Warga

Dari informasi yang diperoleh, semburan air ini muncul saat pihak minimarket ternama tersebut mencari sumber mata air dengan menggunakan jasa tukang bor sumur. Pencarian sumber tersebut dilakukan di atas lahan milik Aziz, warga setempat.

blank
Warga berdatangan ke lokasi kejadian untuk melihat semburan air. Foto : hana eswe

“Saat akan dilakukan pengeboran, saya sempat melarang adanya pengeboran di minimarket tersebut. Pertama, karena tidak ada koordinasi dengan saya. Kedua, warga di sini meyakini bahwa tidak boleh melakukan pengeboran sumur di dekat lokasi api abadi Mrapen, sebab dikhawatirkan muncul api saat pengeboran,” ujar Aziz.

Baca Juga Semburan Gas Muncul Saat Pembuatan Sumur Bor di Tanggungharjo

Pengeboran akhirnya berhasil. Para pekerja menemukan sumber air pada kedalaman 30 meter. Namun, sekitar pukul 21.00 WIB, warga memberitahu jika sumur tersebut mengeluarkan air dengan posisi menyembur ke atas. Selain itu, semburan air tersebut bercampur material pasir, gas belerang dan air bercampur pasir setinggi 25 meter.

“Airnya menyembur ke atas dan tidak berhenti sampai sekarang,” ujar Aini, warga setempat, saat melihat lokasi kejadian, Minggu (13/9/2020).

Hingga berita ini diturunkan, semburan air tersebut belum juga terhenti. Namun, pihak minimarket sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa dan warga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Hana Eswe-trs