blank
Dengan menggunakan mobil patroli, petugas gabungan melakukan pengawasan hutan dan lahan yang ada di wilayah Jiken. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Polsek Jiken bersama Perhutani setempat, secara intens menggelar patroli di wilayah hutan BKPH Cabak RPH Nglobo, Blora, Sabtu (5/9/2020).

Patroli sinergitas itu digelar untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau ini.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK melalui Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi SH MH mengungkapkan, patroli hutan perlu ditingkatkan untuk antisipasi terjadinya karhutla, serta antisipasi pembalakan liar.

BACA JUGA : Pemdes Pengkoljagong Blora Lepas Ratusan Burung ke Alam Liar.

Kapolsek membeberkan, saat musim kemarau seperti sekarang ini, rawan terjadi kebakaran. Untuk itulah, pihaknya intensif melakukan patroli hutan baik siang maupun malam hari.

”Kita tingkatkan patroli hutan, tentunya dengan menjalin sinergi dengan perhutani dan instansi terkait lainnya, untuk menjaga kelestarian hutan di Blora, khususnya di wilayah Jiken,” ucap Iptu Nur.

Selain melakukan patroli, petugas gabungan juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar hutan, untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungannya.

blank
Petugas gabungan sampai masuk ke dalam hutan, untuk mengecek adanya potensi kebakaran hutan dan lahan. Foto: wahono

Salah satunya dengan tidak melakukan pembalakan liar dan tidak membakar hutan untuk membuka lahan pertanian baru.

Kapolsek berharap, apabila ada warga yang melihat atau mengetahui ada kebakaran hutan, untuk segera dipadamkan. Dan jika tidak bisa diatasi segera melaporkan ke kepolisian terdekat.

”Saya imbau kepada masyarakat, apabila akan membuka lahan pertanian baru, jangan sampai dengan cara membakar lahan, karena berbahaya,” pungkas Kapolsek.

Wahono-Riyan