blank
Dengan menggunakan mobil patroli polsek, para petugas melakukan pengecekan di hutan dan lahan yang berpotensi terbakar. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Untuk menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, Polres Blora terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menggelar patroli hutan, untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Seperti yang dilakukan Polsek Randublatung, Kamis, (3/9/2020). Satu regu patroli Polsek Randublatung menggunakan kendaraan patroli polsek, blusukan hutan di wilayah Kecamatan Randublatung.

Kapolsek Randublatung AKP Subardo SH MHum membeberkan, pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan patroli hutan secara intensif. Bukan hanya untuk antisipasi pembalakan liar, namun juga untuk mencegah kebakaran hutan, terutama saat musim kemarau seperti ini.

BACA JUGA : EMCL Persembahkan Prestasi Terbaiknya untuk Negeri

”Musim kemarau rawan akan kebakaran. Banyak temuan di lapangan, masih ada warga yang membersihkan ataupun membuka lahan baru dengan cara membakar hutan. Itulah yang kita khawatirkan bisa menimbulkan kebakaran hutan yang besar, apalagi setelah membakar ditinggalkan begitu saja, tanpa ditunggui orangnya,” beber Kapolsek.

Dia menambahkan, selain rutin melakukan patroli hutan, pihaknya juga mengimbau pada anggotanya, terutama Bhabinkamtibmas untuk aktif turun ke wilayah binaan, guna memberikan imbauan kepada warga. Terutama masyarakat sekitar hutan, untuk ikut aktif dalam menjaga kelestarian hutan.

blank
Para petugas kepolisian dan Bhabinkamtibmas blusukan hutan di wilayah Kecamatan Randublatung. Foto: wahono

”Selain tindakan pencegahan melalui patroli, kita juga ajak warga untuk aktif berperan menjaga kelestarian hutan,” tambah AKP Subardo.

Terpisah, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK mengungkapkan, patroli hutan bukan hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Randublatung saja, namun seluruh Polsek jajaran di 16 kecamatan juga melakukan hal yang serupa. Sehingga tidak terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Blora.

Wahono-Riyan