blank
Ketua DPRD Jateng, Bambang Kribo, didampingi beberapa Wakil Ketua dan Sekwan, saat meluncurkan Berlian TV. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua DPRD Provinsi Jateng Bambang Kusriyanto, mengapresiasi terobosan yang dibuat Sekretariat DPRD Jateng dengan meluncurkan Berlian Televisi (Berlian TV), di Lobi Gedung DPRD Jateng, Kamis (3/8/2020).

Menurutnya, dengan kanal itu menjadi salah satu upaya untuk mengaktualisasikan diri dalam mengemban amanah. Bahkan masyarakat bisa mengkritisi kinerja dewan secara langsung.

Pria yang akrab disapa Bambang Kribo itu kemudian menceritakan mengenai konsep tertib dan disiplin kedewanan, yang dilakukannya saat menjabat sebagai Ketua DPRD di Kabupaten Semarang. Ternyata cara itu dianggap ampuh, untuk membangun sebuah kemitraan di internal dewan. Upaya inilah yang ingin dibangun di DPRD Jateng.

BACA JUGA : Heru Subiyantoko Tetap Lolos dalam Lelang Jabatan Kadinas PUPR

”Tertib komunikasi kuncinya. Seperti seringnya kami berkomunikasi antarpimpinan, ternyata mampu membangun sebuah soliditas internal termasuk dengan anggota,” kata Bambang Kribo.

Kepada masyarakat pun, kunci utama dalam membina jaringan adalah komunikasi melalui media. Karena itu dengan adanya Berlian Televisi bisa menambah kualitas dan kebermanfaatan kinerja DPRD.

”Kami persilakan masyarakat untuk memberikan masukan. Bahkan kami kalau tidak bekerja sama dengan media, akan kerepotan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD (Sekwan) Jateng, Urip Sihabudin menjelaskan, pihaknya tengah menyusun sebuah rencana besar (grand design), dari konsep sebuah parlemen modern. Salah satu perwujudan dari konsep itu adalah Berlian Televisi.

Produk ini bukanlah televisi berbasis frekuensi maupun kabel, melainkan digital melalui media sosial. Menurutnya, ada empat syarat untuk mewujudkan sebuah parlemen modern, yakni adanya penyiaran digital, mengembangkan aplikasi berbasis web, terintegrasi, serta adanya literasi digital.

”Pada 2019 sampai 2020, kami sudah mengembangkan aplikasi e-wadul, e-legislasi. Selanjutnya pada 2021, kami kembangkan lagi e-aspirasi, agar bisa digunakan anggota Dewan saat kunjungan dapil maupun reses,” imbuh Urip.

blank
Bambang Kribo saat menggunting pita, sebagai tanda pembukaan Studio Berlian TV. Foto: dok/ist

Mudah Berinteraksi
Rencana besar dari aplikasi-aplikasi itu, lanjut dia, harus terintegrasi melalui Sistem Pelayanan Dewan atau Sipelwan. Dengan aplikasi-aplikasi itu, memudahkan dewan berinteraksi serta melayani masyarakat.

Peluncuran Berlian TV pada 3 September 2020 ini, tepat satu tahun DPRD Provinsi Jateng Periode 2019-2024 mengabdi, dan mengemban amanah sebagai wakil rakyat.

Hadir pada acara peluncuran Berlian TV ini, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman, Heri Pudyatmoko, dan Ferry Wawan Cahyono, yang kemudian bersama-sama menandai peluncuran Berlian TV.

Terlihat pula Ketua serta pimpinan Komisi A, B, C, D dan E dan Kepala Bappeda Jateng Prasetyo Ariwibowo, yang hadir mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng.

Usai diluncurkan, Bambang Kusriyanto bersama para wakil ketua, selanjutnya menuju studio. Bambang kemudian diminta menjadi narasumber pada salah satu acara di Berlian TV, dengan dipandu Nessa Ghozal.

Adv