Sekda Wonogiri, Haryono (kiri), menandatangani surat perjanjian pemberian tanah hibah kepada Polres Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri mendapatkan hibah sebidang tanah dari Pemkab Wonogiri. Lokasinya di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, berada satu kompleks dengan Terminal Induk Giri Adipura.

Rencananya, di atas tanah hibah tersebut, akan dibangun gedung Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Prototype. Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, menyatakan ini bersamaan dengan acara penandatanganan MoU penyerahan tanah hibah tersebut, Rabu (26/8). Penandatanganan MoU dan penyerahan tanah hibah tersebut, digelar di Ruang Kahyangan kompleks perkantoran Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Wonogiri.

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Edy Santosa, Ketua DPRD Setyo Sukarno, Kapolres AKBP Christian Tobing, Wakapolres Kompol Edi Wibowo, Sekda Haryono, Kepala BPN Abdul Azis, Kepala Dishub Ismiyanto dan pejabat terkait lainnya.

Desa Singodutan
Wakil Bupati Edy Santosa, menyatakan, tanah yang dihibahkan ke Polres Wonogiri memiliki luas 5 ribu Meter Persegi (M2). Ini merupakan bagian dari tanah Pemkab Wonogiri di Desa Singodutan seluas 25.780 M2.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kanan), menandatangani penerimaan tanah hibah dari Pemkab Wonogiri.

”Hibah tanah kepada kepolisian ini, merupakan salah satu bentuk sinergitas, dan juga demi menunjang kepentingan bersama,” tandas Wakil Bupati Edy Santosa

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, mengatakan, di atas tanah hibah tersebut akan dibangun gedung sentra pelayanan khusus SIM. Yang akan melayani masyarakat ketika membuat SIM baru maupun perpanjangan. Nantinya akan dilayani di gedung Satpas Prototype yang dibangun di atas tanah hibah tersebut.

Zona Intergritas
Kapolres AKBP Christian Tobing, menyatakan, Polres Wonogiri telah mencanangkan zona integritas menuju bebas dari korupsi. ”Polres Wonogiri bertekad memberikan pelayanan kepada masyarakat pada 17 unit layanan publik secara bersih, murah dan transparan,” jelas Kapolres.

Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa (kedua dari kiri) menyerahkan tanah hibah kepada Kapolres AKBP Christian Tobing (kanan), disaksikan Sekda Haryaono (kiri) dan Ketua DPRD Setyo Sukarno (kedua dari kanan).

Kata Kapolres, untuk mewujudkan tekad tersebut, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, agar pelaksanaan pelayanan publik kepada masyarakat menjadi optimal. Kepada Pemkab Wonogiri diucapkan terima kasih, telah memberikan bantuan hibah tanah.

Rencananya, di atas tanah hibah tersebut juga akan dibangun gedung Poliklinik Pratama yang terintegrasi dalam pelayanan SIM. Sebelum menempuh tahapan uji SIM, para pemohon dapat dilayani pemeriksaan kesehatannya. Poliklinik ini, juga akan memberikan pelayanan kesehatan bagi internal kepolisian, dan juga masyarakat umum.

Untuk pembangunan gedung SIM Prototype memerlukan luas tanah 540 Meter Persegi, kemudian untuk gedung Poliklinik Pratama seluas 456 Meter Persegi. Polres Wonogiri, mengusulkan pembangunan gedung SIM Prototype dan Poliklinik ke Mabes Polri.

Bambang Pur