blank
Kepala BPIP Prof Dr KH Yudian Wahyudi MA menyampaikan pembekalan wisuda ke-39 Unsiq Jateng di Wonosobo secara virtual. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo, Rabu (26/8), besok, menggelar wisuda ke-39 bagi 452 lulusan di halaman terbuka Kampus Unsiq Kalibeber Mojotengah Wonosobo.

Ketua Panitia Wisuda ke-39 yang juga Wakil Rektor I Unsiq Jateng Dr H Zaenal Sukawi MA, Selasa (25/8) petang, melaporkan hari ini peserta telah mengikuti gladi bersih dan pembekalan secara virtual.

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, wisuda di masa pandemi global Covid-19 ini, tanpa dihadiri orang tua wisudawan. Setiap peserta setelah diwisuda juga langsung meninggalkan tempat, tidak berkumpul di arena wisuda,” jelasnya.

Protokol kesehatan Covid-19 diterapkan, imbuhnya, guna menghindari penyebaran dan penularan virus Corona. Calon wisudawan dari luar kota sebelumnya juga telah melakukan karantina mandiri di kos atau pondok pesantren masing-masing selama 14 hari.

Semua wisudawan yang akan masuk arena, harus mengenakan masker, pakai sarung tangan, cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau hand sanitizer, diukur suhu tubuhnya dan harus melewati bilik disinfektan yang disiapkan pihak kampus.

Wisudawan Terbaik

blank
Wakil Rektor I Unsiq Jateng di Wonosobo, Dr H Zaenal Sukawi MA. (Foto : SB/Muharno Zarka)

“Tempat duduk wisudawan dan wisudawati berjarak 1,5 meter. Semua diatur agar prosesi wisuda memenuhi syarat protokol kesehatan Covid-19, tidak menimbulkan kerumunan. Mengingat jumlah wisudawan cukup banyak,” tambahnya.

Menurut dosen yang juga jadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Wonosobo itu, waktu wisuda diatur dua tahap, pagi dan siang. Separuh peserta diwisuda mulai pukul 08.00-11.00 WIB dan tahap dua siang jam 13.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Wisudawan sebanyak 452 orang tersebut berasal dari program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Islam (12) dan Magister Ilmu Al Quran dan Tafsir (2). FITK Pendidikan Agama Islam (65), Pendidikan Fisika (7), Pendidikan Bahasa Arab (31) dan PIAUD (19).

Selanjutnya, FKSP Komunikasi dan Penyiaran Islam (19), FSH Ahwalus Syahsiah (9), Hukum Ekonomi Syariah (13), Ilmu Hukum (4), Ilmu Quran dan Tafsir (14) dan Perbankan Syariah (7). FEB Managemen (39) dan Akutansi (41).

Adapun dari FBS Sastra Inggris (17), FTIK Tehnik Informatika (36), Arsitektur (4), Managemen Informatika D3 (5) Tehnik Mesin (6) dan FIK Kebidanan D3 (17) dan Keperawatan D3 (85). Wisudawan comluade sejumlah 209 dan lulusan berpredikat sebagai hafidz-hafifzoh 137 orang.

Muharno Zarka-mm